7 Tips Ini Wajib Anda Lakukan agar Ponsel Tidak Lemot

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 15 92 1978129 7-tips-ini-wajib-anda-lakukan-agar-ponsel-tidak-lemot-UUtfuSyTcn.jpg Ilustrasi ponsel cepat (Foto: The Mobile Indian)

JAKARTA - Smartphone saat ini menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Pasalnya dengan ponsel pintar pekerjaan manusia akan menjadi lebih mudah, baik untuk bertukar pesan, membaca berita, berbelanja online dan banyak lagi.

Namun, seiring waktu disertai dengan penggunaannya yang semakin banyak ponsel mungkin berangsur akan mulai lemot. Kali ini Okezone akan memberikan beberapa tips aga ponsel tidak lemot. Berikut seperti dilansir dari laman Android Pit, Kamis (15/11/2018).

 Smartphone

Baca Juga: Ini Alasan Asus Bawa Fitur Screenpad di Zenbook Pro 15


1. Identifikasi masalah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah ponsel menjadi lamban. Apakah itu karena aplikasi atau sistem itu sendiri.

2. Kosongkan sebagian ruang

Semua foto dan aplikasi yang telah diinstal dapat memengaruhi ponsel, apalagi dalam jumlah yang banyak. Diperlukan sedikit ruang ponsel untuk bernapas agar berjalan lancar dan jika ruangannya hampir habis, itu bisa mulai melambat.

3. Kurangi widget

Semua widget yang telah dijalankan dalam layar mungkin berguna, tetapi mereka juga mengambil bagian sumber memori sangat besar. Selain itu widget juga dapat menjadi pemborosan sumber daya. Jadi cobalah untuk memilah widget mana yang dibutuhkan dan tidak.

4. Nonaktifkan animasi dan efek yang tidak perlu

Tergantung pada aplikasi Launcher yang Anda gunakan, Anda mungkin menemukan bahwa ada berbagai animasi dan efek khusus. Ini mungkin terlihat bagus, tetapi mereka juga bisa memperlambat segalanya.

5. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM

Aplikasi juga menjadi pemicu utama ponsel menjadi lambat. Jadi cobalah untuk memilih aplikasi mana yang paling penting dan dibutuhkan.

6. Hidupkan ulang perangkat

Perbaikan cepat dan sederhana untuk perangkat yang lambat adalah cukup dengan memulai ulang. Ini dapat membersihkan cache, menghentikan tugas yang tidak perlu dijalankan, dan membuat semuanya berjalan lancar lagi.

7. Pastikan perangkat lunak sudah diperbarui

Apakah Anda tetap mengabaikan pemberitahuan untuk memperbarui perangkat lunak Anda?. Untuk diketahui, pembaruan perangkat lunak tidak selalu tentang fitur baru, sebagian besar waktu mereka juga mengandung perbaikan bug dan peningkatan kinerja daripada dapat secara signifikan mempercepat operasi perangkat.

Aplikasi

Baca Juga: Daftar 5 Game eSports yang Bisa Anda Coba, Nomor 1 Saingan Mobile Legends

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini