Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Event 11.11, Laki-Laki Lebih Konsumtif Dibanding Perempuan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 16 207 1978824 event-11-11-laki-laki-lebih-konsumtif-dibanding-perempuan-ZmknylfwUx.jpg Ilustrasi Keranjang Belanja Online (Foto: Easy Store)

JAKARTA – Festival Singles Day atau 11.11 yang dipelopori oleh Alibaba tampaknya telah diikuti oleh e-commerce lainnya. Beberapa platform belanja online menerapkan sistem promo dan diskon besar-besaran sekira akhir Oktober hingga awal November.

Melihat fenomena tersebut iPrice melakukan riset perilaku konsumen online di Indonesia pasca Singles Day. Hasil analisa dari tim iPrice menunjukkan bahwa ada beberapa fakta menarik yang ditemukan dari perilaku konsumen pada periode festival belanja online yang awalnya didedikasikan untuk para single itu.

Pertama, konsumen rela begadang yang terlihat dari grafis trafik pada 10 November mengalami kenaikan sejak pukul 10 malam dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Trafik pada hari normal biasanya menurun dari pukul 9 malam hingga 4 pagi, akan tetapi data pada 10 November menunjukkan bahwa trafik mulai naik sejak pukul 10 malam dan menjulang pada pukul 11, menunjukkan peningkatan sebesar 50% jika dibandingkan dengan hari normal,” ungkap iPrice dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Jumat (16/11/2018).

Promo 11.11

 Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Spectre Folio, Laptop Kulit Anyar Keluaran HP

Menariknya lagi, meski dimulai pada pukul 12 siang, trafik belanja online memuncak sekira pukul 8 malam. Hal tersebut dikatakan oleh iPrice bisa jadi disebabkan oleh banyaknya promo dadakan yang ditawarkan oleh berbagai e-commerce pada jam-jam terakhir Singles Day, yang memancing antusiasme dari para pemburu diskon untuk sekedar mengecek ataupun menunggu promo dadakan tersebut.

Selain itu, beberapa fakta baru yang diungkap dalam risetnya yakni pencarian promosi penerbangan meningkat serta diungkap bahwa dalam festival Singles Day, laki-laki lebih konsumtif dibandingkan perempuan.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena banyaknya promosi barang-barang elektronik yang kebanyakan diminati laki-laki, seperti laptop, perlengkapan komputer, handphone, serta beragam kategori elektronik lainnya.

Event 11.11

Baca Juga: Hujan Meteor Leonid Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Syaratnya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini