Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Asal Bali Bikin Konsep Sistem Perkotaan dan Infrastruktur Mars

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 14:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 16 56 1978732 pria-asal-bali-bikin-konsep-sistem-perkotaan-dan-infrastruktur-mars-NYTh8T9OCF.jpg Kadek Ary Wicaksana, pemuda asal Bali menangi kompetisi HP Mars Home Planet (Foto: Erha Aprili Ramadhoni/Okezone)

KUALA LUMPUR - Pemuda asal Bali, Indonesia, Kadek Ary Wicaksana (24), berhasil memenangi kompetisi HP Mars Home Planet dengan kategori Urbanization Concept Challenge. Ary membuat konsep mengenai sistem perkotaan dan infrastruktur yang saling mendukung sehingga nantinya Mars bisa ditinggali oleh manusia.

Ary menjelaskan, dalam membuat konsep untuk dikirim guna mengikuti perlombaan yang diadakan HP itu, dia menemukan berbagai tantangan. Pasalnya, di Mars, lanjut Ary, tidak ada atmosfer sehingga tekanannya lebih besar sehingga menjadi tantangan untuk dirinya mengonsep sistem perkotaan dipadupadankan dengan infrastruktur.

"Enggak ada atmosfer (di Mars) jadi tekannya besar. Ada juga masalah di radiasi matahari," kata pria lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu kepada wartawan di Malaysia International Trade & Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur, Jumat (16/11/2018).

Ia membandingkan sistem pembangunan di Bumi, tepatnya Indonesia dengan Mars. Di Indonesia, kata dia, pembangunan perkotaan didesain secara horizontal. Dengan memanfaatkan gaya gravitasi di Mars yang rendah, ia mengonsep perumahan dalam bentuk vertikal.

 

"Misalnya di Indonesia perumahan horizontal semua. Kalau desain saya karena di Mars gravitasi rendah jadi (pembangunan perumahan) vertikal," papar arsitektur yang kini bekerja di perusahaan di Jakarta tersebut.

Nantinya, bangunan yang ada di Mars, dalam konsep yang dibuatnya, akan berbentuk kubus yang bisa dihuni oleh 4 orang.

"Untuk habitatnya bentuknya kubus. Modul habitatnya 4 orang. Dan di antara 1 modul cuma disambung sama yang bangunan itu. Nanti ada sistem pendukung, rotation habitat. Bagaimana orang Bumi (bisa) masuk ke sana," jelasnya.

 

Baca juga: Tips Bikin Stiker WhatsApp Pribadi Antigagal

Untuk bahan bangunannya sendiri, Ary mengatakan, di Mars semuanya tersedia. Namun, bahan-bahan material itu perlu diolah lebih lanjut sehingga bisa digunakan untuk membuat bangunan.

"Rencananya bahan-bahan itu dari Mars. Intinya semua yang dibutuhkan itu bisa diolah dengan resources di Mars," ucapnya.

Ia pun menyebut, material yang ada di Mars tidaklah berbeda jauh dengan yang ada di Bumi. Namun, dengan gaya gravitasi di Mars yang lebih rendah, membutuhkan bahan material yang lebih sedikit untuk membuat sebuah bangunan.

Dengan konsep di atas, dirinya yakin Mars bisa menjadi tempat untuk dihuni oleh manusia. Ia yakin dengan cukup usaha, bukan hal mustahil Mars dapat didiami oleh manusia.

 

Baca juga: Tambah Teman, WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Scan QR Code

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini