Hujan Meteor Leonid Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Syaratnya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 15:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 16 56 1978752 hujan-meteor-leonid-bisa-disaksikan-di-indonesia-ini-syaratnya-HFPblXTniE.jpg Ilustrasi Hujan Meteor Leonid (Foto: Vox)

JAKARTA – Sebelumnya hujan meteor Draconid telah mengguyur Bumi pada awal Oktober 2018. Kali ini hujan meteor atau yang biasa disebut bintang jatuh akan kembali menyambangi Bumi.

Tepatnya hujan meteor Leonid yang dapat disaksikan pada 17-18 November 2018 malam. Menariknya fenomena ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin. Namun yang pasti dia mengungkapkan jika fenomena tersebut tak bisa disaksikan saat kondisi mendung atau hujan.

“Syaratnya cuaca cerah, medan pandang tidak terhalang, polusi cahaya minim,” kata Thomas kepada Okezone, Jumat (16/11/2018).

Hujan Meteor

Baca Juga: Meteor Leonid Bakal Hujani Bumi Akhir Pekan Ini

Sekadar informasi, hujan meteor Leonid merupakan fenomena tahunan yang terjadi sekira tanggal 6-30 November. Lengkapnya, ini merupakan hujan meteor produktif yang terkait dengan komet Tempel-Tuttle.

Leonid memiliki pengaruh besar pada pengembangan studi ilmiah meteor, yang sebelumnya dianggap sebagai fenomena atmosfer. Hujan badai meteor ini pernah terjadi pada 1833. Bahkan, perkiraan lebih dari seratus ribu meteor per jam.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini