nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Ini, Bumi Bakal Diterpa Hujan Meteor

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 16 56 1978780 malam-ini-bumi-bakal-diterpa-hujan-meteor-LJE5CWzk6m.jpg Ilustrasi Hujan Meteor Leonid (Foto: Sky & Telescope)

JAKARTA - Puncak fenomena hujan meteor Leonids akan mengguyur Bumi pada Sabtu malam. Sebelumnya, pada 1833 Leonid pernah menghujani bumi hingga ratusan meteor per jam, tetapi tampaknya tahun ini tidak akan sebanyak itu.

"Dua puluh meteor per jam kemungkinan melewati puncak, yang membuatnya lebih aktif daripada hujan meteor Taurid baru-baru ini," kata Dave Samuhel dari AccuWeather, seperti dilansir dari laman AccuWeather, Sabtu (17/11/2018).

Menurut American Meteor Society, Leonid memang seringkali menghujani Bumi dengan presentase yang tinggi dan merupakan meteor yang paling terang. Hal tersebut membuatnya mudah ditemukan di langit malam. Kemudian, tengah malam akan menjadi waktu terbaik untuk melihat Leonid.

Hujan Meteor Leonid

Baca Juga: Hujan Meteor Leonid Bisa Disaksikan di Indonesia, Ini Syaratnya

"Meteor memancar dari konstelasi Leo di bagian timur laut langit," imbuh Samuhel.

Meskipun Leonid akan memancar dari timur laut, masyarakat akan dapat melihat meteor muncul di semua area langit, jika cuaca memungkinkan.

Space melaporkan jika hujan meteor Leonid memang akan menghiasi langit Bumi pada November setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan reaksi dari orbit Bumi yang melintasi orbit komet 55R/Tempel-Tuttle.

Komet, atau yang disebut juga ‘bintang berekor’, mengorbit matahari setiap 33 tahun, meninggalkan jejak puing, kemudian jatuh menuju permukaan Bumi. Sebelum menerpa permukaan Bumi, sebagian besar dari serpihan komet akan terbakar di atmosfer.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini