nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lindungi Diri, Rusa Vampir Ini Memiliki Senjata Taring

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 16 56 1978829 lindungi-diri-rusa-vampir-ini-memiliki-senjata-taring-WMlUD4PddW.jpg (Foto: Mauro Rodrigues/Shutterstock/Insidescience)

JAKARTA - Sebagian hewan memiliki tanduk, gading, atau tempurung sebagai alat pelindung jika ada musuh. Sekelompok hewan mamalia yang mempunyai tanduk ini seperti rusa, antelop, kambing, jerapah, hingga kerbau. Namun, tidak dengan rusa air (water deer) yang memiliki taring.

Dilansir dari laman Inside Science, rusa air mempunyai julukan “rusa vampir”. Untuk mengetahui lebih dalam tentang rusa ini, para peneliti membandingkan habitat dan perilaku dari 63 spesies, termasuk kelompok artiodactyl yang hidup kecuali kuda nil dan paus. Mereka mengukur gigi taring setiap spesies menggunakan spesimen skelet di museum.

Sementara belum ditemukan relasi antara taring dan habitat, mungkin sebagian spesies kecil masih ada hubungan seperti kancil tikus Jawa berukuran besar, memiliki taring lebih dari setengah inci panjangnya, dan ia hidup di semak-semak yang begitu padat. Sehingga, membuat terowongan ketika bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Para peneliti menilai ini masuk akal, karena taring yang tajam seperti belati akan menjadi senjata yang efektif di semak-semak tebal. Taring ini juga berfungsi untuk melindungi diri.

Artiodactyla merupakan hewan mamalia yang terdiri dari kurang lebih 220 spesies. Mereka kebanyakan hewan herbivora yang biasanya ditandai dengan jari kaki yang jumlahnya genap.

 

Baca juga: Kenal Lebih Dekat Spectre Folio, Laptop Kulit Anyar Keluaran HP

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini