nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temuan Fosil Dinosaurus Mamalia Diyakini Hidup 250 Juta Tahun Lalu

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Sabtu 24 November 2018 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 23 56 1981838 temuan-fosil-dinosaurus-mamalia-diyakini-hidup-250-juta-tahun-lalu-nL0fm67r92.jpg (Foto: Dimitry Bogdanov/CC BY 3.0)

JAKARTA – Hewan terbesar yang diyakini pernah ada di Bumi adalah dinosaurus, hidup jutaan tahun lalu. Dinosaurus kerap identik dengan golongan hewan reptil, tetapi kini para ahli paleontologi telah menggambarkan seekor leluhur mamalia dari zaman Trias.

Dilansir dari laman New Atlas, Jumat (23/11/2018), spesies yang baru ditemukan ini dideskripsikan bernama Lisowicia bojani, termasuk kelompok hewan yang disebut dicynodonts. Hidup sekira 250-220 juta tahun selama zaman Trias, kelompok herbivora ini telah digambarkan sebagai “mamalia seperti reptil”.

Tetapi Lisowicia ini tidak biasa, makhluk ini lebih besar dari gajah dengan panjang 4,5 meter dan tinggi 2,6 meter dengan berat yang diperkirakan 9 ton.

 

"Lisowicia adalah dicynodont termuda dan tetrapod terestrial non-dinosaurian terbesar dari zaman Trias. Itu wajar untuk ingin tahu bagaimana dicynodonts menjadi begitu besar. Lisowicia sangat menarik karena meniup lubang di banyak ide-ide klasik kami dari 'mamalia seperti reptil' di zaman Trias,” ucap Grzegorz Niedzwiedzki, salah satu penulis studi.

Baca juga: Ponsel Terbaik Harga Rp4 Jutaan di 2018

Dicynodont adalah leluhur awal semua mamalia yang ada di zaman sekarang dan hidup 250 juta tahun lalu. Hewan purba ini pernah hidup di semua benua termasuk antartika. Hewan besar ini merupakan hewan herbivora seukuran sapi yang memiliki dua taring.

 

Baca juga: CEO Facebook Mark Zuckerberg Tepis Rumor Pengunduran Diri

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini