Ditemukan Jejak Kaki Dinosaurus Berukuran 1 Cm

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Senin 26 November 2018 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 25 56 1982561 ditemukan-jejak-kaki-dinosaurus-berukuran-1-cm-f8l6nw8o3a.jpg (Foto: Dr Anthony Romilio/New Atlas)

JAKARTA – Dinosaurus merupakan hewan terbesar yang diyakini pernah ada di Bumi. Ahli paleontologi telah menemukan jejak dinosaurus terkecil yang pernah ada di Jinju, Korea Selatan dengan jejak kaki berukuran sekira 1 cm.

Dilansir dari laman New Atlas, Minggu (25/11/2018), jejak ini mirip dengan jejak burung zaman sekarang. Mereka hanya memiliki dua jari kaki, jejak ini adalah jejak burung pemangsa.

“Jejak kaki yang ditemukan berusia 110 juta tahun, diidentifikasi sebagai golongan karnivora yang umumnya dikenal sebagai raptor,” ucap Anthony Ranilio, seorang penulis studi.

Untuk menemukan ukuran hewan yang ditemukan ini, tim memperkirakan tinggi hewan ini seperti ukuran burung gereja. Lalu, hewan ini diberi nama Dromaeosauriformipes rarus.

 

"Spesies dinosaurus yang sangat kecil seperti Microraptor China berukuran gagak, tetapi ini memiliki kaki yang terlalu besar untuk dicocokkan dengan jejak kaki Korea Selatan," kata Romilio.

Baca juga: 5 Smartwatch Terbaik dengan Fitur Canggih, Apa Saja?

Romilio juga menambahkan bahwa jejak ini seperti jejak anak ayam. Ia menjelaskan bahwa dinosaurus seperti Velociraptor dan utahraptor memiliki kaki yang lebih besar daripada yang ditemukan.

Jejak kaki dinosaurus dapat memberikan wawasan baru tentang bagaimana hewan purba kemudian menjadi fosil. Dengan adanya penemuan ini peneliti diharapkan mengetahui pola migrasi dari spesies ini.

 

Baca juga: Ponsel Terbaik Harga Rp4 Jutaan di 2018

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini