nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Pecahkan Misteri Asal Usul Pulau Mirip Tapal Kuda

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Senin 26 November 2018 20:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 26 56 1983154 peneliti-pecahkan-misteri-asal-usul-pulau-mirip-tapal-kuda-viyn17iutV.jpg (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Pulau Deception merupakan pulau hasil sisa-sisa letusan gunung berapi. Pulau ini terletak di Shetland Selatan Antartika, dan berbentuk tapal kuda.

Dilansir dari laman Forbes, Senin (26/11/2018), peneliti kini mengetahui kenapa pulau itu berbentuk tapal kuda. Pulau yang merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi yang eksplosif, volume magma yang sangat besar keluar dari perut bumi.

Bebatuan yang ada di atasnya tidak lagi bisa menampung magma yang sangat panas hingga akhirnya runtuh dan membentuk seperti kuali.

Ahli vulkanologi tahu bahwa Deception Island dulunya merupakan lokasi letusan dahsyat yang meninggalkan lubang besar 7 km di tengah pulau. Namun, sebuah makalah baru dalam Laporan Ilmiah, yang dipimpin oleh Universitas Laval Quebec, memecahkan misteri kapan ini terjadi.

 

Baca juga: Kesan Pertama Menggenggam Oppo A7, Ponsel Kelas Menengah dengan Desain Premium

Itu diyakini terjadi 3.980 tahun yang lalu, magma yang telah membentuk pulau ini mengeluarkan 30 hingga 60 km kubik dan membuat pulau itu seperti tapal kuda.

Deception Island telah meletus selama 8.000-9.000 tahun terakhir, dalam berbagai cara. Sejak abad ke-19, gunung ini telah meletus sekitar 20 kali.

Banyak ilmuwan tahu tentang pulau ini, tetapi bagian dunia yang terpencil dan dingin itu terbukti sangat sulit untuk diteliti.

 

Baca juga: WhatsApp Bakal Tingkatkan Fitur Panggilan Grup

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini