3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Ponsel

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 57 1982899 3-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-membeli-ponsel-9j7QL6xKOf.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Spesifikasi yang kini semakin canggih pada ponsel keluaran terbaru mungkin mendorong Anda untuk mengganti ponsel baru. Sistem operasi Android atau iOS, layar, kamera, baterai serta chip prosesor yang digunakan tentu sangat penting untuk dipertimbangkan.

Meskipun Anda akan memilih spesifikasi sesuai kebutuhan Anda, berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan membeli smartphones seperti dikutip laman Gizmodo.

1. Modem internal dan antena

Modem dalam smartphone Anda adalah salah satu spesifikasi yang patut diwaspadai terutama saat teknologi 5G mulai akan digunakan.

Modem terdapat dalam SoC, maka otomatis kita harus memilih SoC yang modem-nya baik. Selain itu, fitur Dual-SIM juga dipengaruhi oleh modem. Tanpa dukungan Dual-SIM yang baik (4G-3G atau 4G-4G), Anda bisa bermasalah di kemudian hari atau saat bepergian ke negara tetangga yang sudah mematikan jaringan 2G-nya.

Modem yang tidak efisien akan memboroskan baterai ponsel. Modem yang baik akan memungkinkan Anda memiliki smartphone yang canggih.

Untuk antena, sebagai pilihan, 4x4 MIMO (multiple input, multiple output) memiliki 4 antena untuk empat aliran data secara bersamaan. Sementara 2x2 MIMO memiliki dua antena. Ini menjadi perbedaan antara iPhone XR dengan 2x2 MIMO dan iPhone XS serta iPhone XS Max yang memiliki 4x4 MIMO.

Lebih banyak antena membuat kecepatan ponsel lebih cepat dan sinyal yang kuat.

 

Baca juga: Ponsel Anda Lemot? Ini Cara Mengatasinya

2. IP Rating

IP atau Ingress Protection adalah perlindungan akan sesuatu agar tidak masuk ke dalam benda tersebut. IP sangat penting bagi benda-benda elektronik, untuk melindungi smartphone dari suhu, debu bahkan air.

Tingkatan IP dapat diketahui melalui dua digit yang dimilki. Digit pertama adalah perlindungan "partikel padat" (debu). Sejauh menyangkut smartphone, ia pergi dari 0, yang tidak ada perlindungan sama sekali, sampai 6, yang berdebu dan berarti tidak ada partikel yang bisa masuk ke dalam casing sama sekali.

Digit kedua menyangkut perlindungan "cair ingress" (air). Untuk ponsel, nilai 0 (tanpa perlindungan) hingga nilai 8 (pencelupan terus menerus dalam air). Jumlah yang lebih tinggi kadang-kadang digunakan (9K berarti perlindungan terhadap air suhu tinggi), tetapi untuk sebuah ponsel, IP68 adalah standar emas.

 

Baca juga: Ditemukan Jejak Kaki Dinosaurus Berukuran 1 Cm

3. Kecepatan Charger

Carilah ponsel dengan keceptan charging yang diukur melalui watt (W), dan dapat dikalikan dengan tegangan (V). Perhatikan juga tarif pengisian daya yang tercantum pada spesifikasi ponsel.

Dengan itu, Anda tidak perlu takut lagi untuk memikirkan seberapa cepat baterai terisi kembali, karena tetap men-charger ponsel dengan kondisi baterai yang sudah penuh dapat membuat masalah pada ponsel Anda.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini