5 Tips Memotret dengan Kamera Instax

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 26 November 2018 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 92 1982817 5-tips-memotret-dengan-kamera-instax-bYtcY3Jnwr.jpg Ilustrasi (Foto: 9to5toys)

JAKARTA - Kebutuhan foto saat ini tampaknya semakin meningkat, seiring dengan populernya aplikasi Instagram. Mungkin banyak dari Anda yang sudah cukup dengan jepretan kamera ponsel.

Namun, tak ada salahnya untuk mencoba kamera instax untuk hasil foto sedikit vintage. Kali ini Okezone akan memberikan beberapa tips memotret dengan kamera Instax. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Digital Camera World, Senin (26/11/2018).

Kamera Instax

Baca Juga: LG Patenkan Smartphone dengan 16 Kamera, Seperti Apa?

1. Perhatikan Jarak

Kebanyakan kamera instax memiliki jarak fokus minimum baik 30cm atau 60cm, yang kira-kira sama dengan memegang kamera dengan lengan panjang jika mengambil selfie. Sehingga, jika tak ingin mendapatkan bidikan yang tak kabur, jaga jarak antara subjek dengan kamera.

2. Hindari subjek yang terlalu kecil dalam bingkai

Cetakan kamera instax berukuran kecil seperti kartu kredit. Sehingga jika subjek Anda terlalu kecil dalam bingkai maka nyaris tak terlihat.

Secara umum, Anda tidak ingin berdiri lebih dari lima atau enam kaki dari subjek Anda - kecuali jika Anda mencoba untuk menekan lanskap atau bagian dari arsitektur ke dalam bingkai. Anda mungkin ingin lebih dekat jika ingin memaksimalkan dampaknya.

Instax Square

Baca Juga: Ditemukan Jejak Kaki Dinosaurus Berukuran 1 Cm

3. Jangan biarkan jari dalam bidikan

Pada kamera instan yang lebih kecil, melihat ujung jari-jari mengganggu dalam bingkai karena kamera tidak memiliki pegangan yang layak dan tidak ada banyak tempat untuk meletakkan tangan Anda adalah keluhan umum. Sehingga cobalah untuk terbiasa menggenggam instax dan perhatikan jari-jari Anda.

4. Gunakan cahaya alami jika memungkinkan

Tips ini berlaku untuk semua jenis fotografi, tetapi khususnya untuk fotografi instax di mana biasanya kombinasi film ISO tinggi dan kamera yang ingin secara otomatis mem-flash flash setiap kali dapat menyebabkan hasil yang tampak tidak sempurna.

Sekali lagi, eksperimen adalah kunci, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa menonaktifkan flash dan hanya menggunakan cahaya alami bahkan di dalam ruangan akan menghasilkan hasil dengan kontras dan definisi subjek yang lebih baik.

Ilustrasi

 Baca Juga: Ponsel Anda Lemot? Ini Cara Mengatasinya

5. Coba subjek yang sama dari sudut yang berbeda

Meskipun Anda jelas tidak ingin membuang banyak cetakan instan yang mahal. Pertimbangkan bagaimana subjek dapat muncul dari sudut yang berbeda dari apa pun yang pertama muncul di kepala Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini