Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terindikasi Malware, Google PlayStore Hapus 13 Aplikasi Berbahaya

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 207 1983673 terindikasi-malware-google-playstore-hapus-13-aplikasi-berbahaya-wDv1EIYMc7.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Peneliti Keamanan ESET, Lukas Stefanko menemukan sejumlah aplikasi yang diduga membawa malware di perangkat Android. Stefanko mengungkapkan hal ini melalui akun Twitter miliknya.

Malware bisa dikatakan sebagai virus yang akan merusak ponsel bahkan menyedot data dan memori ponsel Anda.

Dilansir dari laman Express, Selasa (27/11/2018), setidaknya ada 13 aplikasi palsu yang telah diinstal lebih dari 580 ribu kali, bahkan dua di antaranya diklaim cukup populer dan banyak diminati.

"Jangan menginstal aplikasi ini dari Google Play, mengandung malware,” kata Lukas.

“Ada 13 aplikasi, semuanya bersama-sama memasang 560.000+, setelah dibuka aplikasi ini menjadi hilang, membuat pengguna mengunduh dan menginstal APK, 2 aplikasi masuk dalam trending,” ujarnya.

Baca juga: Video Bocoran Galaxy S10 Perlihatkan 3 Kamera Belakang

Stefanko juga mempublikasikan video yang menunjukkan satu aplikasi yang terindikasi malware yang dipasang di perangkat Android. Saat Stefanko mencoba membukanya, aplikasi ini awalnya menampilkan logo grafis game, tetapi setelah itu menampilkan layar kosong. Setelah keluar dari aplikasi, ikon tersebut tidak lagi muncul.

Tahun lalu, PlayStore sendiri telah menghapus 700 ribu aplikasi berbahaya dari platform-nya. Penjahat siber semakin banyak dan memanfaatkan peluang untuk melancarkan aksinya melalui aplikasi.

 

Baca juga: WhatsApp Kembali Ditinggalkan Salah Satu Petingginya, Kenapa?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini