Detik-Detik Menegangkan Pendaratan Robot NASA InSight di Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 27 56 1983350 detik-detik-menegangkan-pendaratan-robot-nasa-insight-di-mars-gTJhgue3fK.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat meneliti Mars dengan mengirimkan robot ke planet merah tersebut. Setelah robot Curiosity yang sukses mendarat di Mars pada 2012, kini giliran robot InSight yang baru-baru ini dilaporkan berhasil mendarat.

Dilansir Wired, Selasa (27/11/2018), perjalanan luar angkasa ini menghabiskan waktu selama 6 bulan dengan misi hampir 10 tahun serta mencapai biaya mendekati USD1 miliar. Robot InSight buatan NASA berhasil mendarat di Mars pada Senin.

Detik-detik sebelum InSight menyentuh permukaan Mars, ruangan mission control di NASA Jet Propulsion Laboratory sunyi seketika. "Ketinggian 300 meter.. 200 meter.. 80 meter.. 60 meter.. 50 meter.. kecepatan konstan 37 meter.. 30 meter.. 20 meter.. 17 meter bersiap untuk mendarat. Touchdown dikonfirmasi," diikuti dengan tepuk tangan para insinyur di mission control.

Keberhasilan pendaratan ini berkat informasi yang diberikan satelit komunikasi bernama Mars Cube One-A dan Mars Cube One-B, yang menemani InSight dalam perjalanannya ke Mars dan memantau pesawat luar angkasa itu dari atas planet.

Menurut telemetri Marco, InSight menurunkan parasutnya, mengaktifkan radarnya, melepaskan diri dari cengkeramannya, mengaktifkan 12 mesin dan mendarat di planet ini. Semua tampaknya sesuai dengan rencana.

 

Baca juga: 5 Smartphone Desain Tipis Terbaik Harga Rp1 Jutaan

"Sempurna ... tanpa cela," kata Rob Manning, Chief Engineer di Jet Propulsion Laboratory NASA bersama sorak-sorai rekan-rekannya.

"Inilah yang benar-benar kita harapkan dan bayangkan di mata batin kita. Terkadang hal-hal menguntungkan Anda," katanya.

Ia menambahkan bahwa insinyur InSight akan menghabiskan beberapa jam dan hari berikutnya untuk meninjau data pendaratan, untuk melihat seberapa baik robot itu. Sejauh ini, Pendaratan InSight dinilai hampir sama sempurna seperti yang diharapkan oleh tim.

 

Baca juga: Game Bumblebee Bisa Dimainkan Gratis via Browser

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini