nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Foto Selfie Pertama Robot InSight di Mars

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 56 1983573 ini-foto-selfie-pertama-robot-insight-di-mars-ybsfgFW4Oy.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Setelah pendaratan sempurna pesawat antariksa NASA di Mars, Insight mengirimkan foto “selfie”. Foto itu menggambarkan keadaan di Mars setelah tujuh menit mendarat.

"Hari ini, kami berhasil mendarat di Mars untuk kedelapan kalinya dalam sejarah manusia," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Dilansir dari New Atlas, Selasa (27/11/2018), Insight bertenaga surya dan bila tanpa panel, maka baterainya hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja.

Menurut perkiraan, pemasangan panel surya seharusnya sudah mulai dari 16 menit setelah mendarat dan butuh waktu 16 menit saja untuk menyelesaikannya. Sayangnya, tidak ada yang memberi tahu kontrol misi bahwa itu telah terjadi sehingga insinyur NASA harus menunggu lima setengah jam untuk Odyssey memberikan konfirmasi visual.

 

NASA akhirnya merilis “selfie” pertama yang diambil oleh Insight di permukaan Mars yang mengindikasikan bahwa semua sistem bisa bekerja.

Setelah Insight beroperasi, ia akan menghabiskan minggu pertamanya menjalankan pengujian sebelum dapat menggunakan lengan robotnya yang berukuran 5,9 kaki (1,8 meter) dan mengambil gambar yang lebih jelas dari area sekitarnya.

Baca juga: WhatsApp Kembali Ditinggalkan Salah Satu Petingginya, Kenapa?

Rencananya, robot ini akan menempatkan sejumlah instrumen geologis di permukaan dan menelusuri bagian dalam Mars yang dijadwalkan beroperasi sampai 20 November 2020.

"Insight akan mempelajari bagian dalam Mars, dan akan mengajarkan kita ilmu berharga saat kita mempersiapkan untuk mengirim astronot ke Bulan dan kemudian ke Mars. Prestasi ini mewakili kecerdikan Amerika dan mitra internasional kami sebagai bukti dedikasi dan ketekunan tim kami. Yang terbaik dari NASA belum datang, dan akan segera datang," ujar Jim.

 

Baca juga: NASA InSight Tempuh Perjalanan ke Mars 6 Bulan, Ini Videonya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini