nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ericsson Prediksi 8 Smartphone 5G Muncul di Pertengahan 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 27 57 1983676 ericsson-prediksi-8-smartphone-5g-muncul-di-pertengahan-2019-ljLGVe7wwp.jpg Ilustrasi Ponsel 5G (Foto: RS Tech)

JAKARTA - Ericsson telah memperkirakan bahwa ada 8 bahkan lebih smartphone 5G pada pertengahan 2019. Kemudian, 6 diantaranya menggunakan spektrum mid-band untuk diluncurkan pada bulan April, dan dua atau lebih smartphone gelombang milimeter (mmWave) 5G pada bulan Juli.

Dilansir dari laman ZDNet, Rabu (28/11/2018) diungkapkan dalam Laporan Mobilitas Ericsson pada November 2018 , raksasa jaringan itu menambahkan dalam perkiraannya bahwa akan ada satu perangkat nirkabel tetap mid-band dan satu mmWave, bersama dengan empat peralatan mid-band dan lima mmWave peralatan pelanggan dalam ruangan (CPE) router saku, pada bulan Desember tahun ini.

Secara total pada Desember 2019, Ericsson memprediksi bahwa akan ada tujuh atau lebih smartphone mid-band 5G, dua atau lebih mmWave 5G smartphone, dan satu atau lebih smartphone 5G pita rendah.

Sebelumnya, Oppo , ZTE , Motorola , dan LG juga telah mengumumkan akan memproduksi smartphone 5G untuk 2019. Meskipun belum ada informasi lebih lanjut mengenai perangkat yang akan diluncurkan.

"Untuk smartphone, kami memperkirakan line-up yang kuat untuk Q2 2019. Pada titik ini, sulit untuk memprediksi secara akurat waktu rilis atau jumlah vendor, tetapi chipset generasi kedua diharapkan pada akhir 2019, yang akan memungkinkan lebih banyak 5G perangkat mudah dengan arsitektur yang ditingkatkan dan konsumsi daya yang lebih rendah, "kata Ericsson.

Ponsel

Baca Juga: Teknologi dan SDM Dorong Pertumbuhan IoT di Indonesia

"Modul untuk laptop dan aplikasi industri diharapkan dalam rentang waktu yang sama. 5G akan diluncurkan pada 2019, dan 2020 akan menjadi tahun di mana 5G memasuki pasar massal. Pada titik ini, chipset generasi ketiga akan memiliki telah diperkenalkan dan sejumlah besar perangkat akan tersedia," imbuh Ericsson.

Pada akhir tahun 2024, Ericsson memproyeksikan 5G untuk mencakup lebih dari 40 persen populasi dunia dan lebih dari 1,5 miliar langganan 5G.

"Ada momentum kuat di pasar global 5G. Di Amerika Serikat, salah satu penyedia layanan komunikasi utama meluncurkan layanan internet rumah 5G pada awal Oktober, dan keempat penyedia layanan utama negara itu telah mengumumkan secara terbuka bahwa mereka akan mulai berikan layanan 5G antara akhir 2018 dan pertengahan 2019, "kata laporan itu.

Pasar lain mengharapkan volume berlangganan 5G yang signifikan awal termasuk Korea Selatan, Jepang, dan China. Di Eropa, beberapa lelang spektrum telah diadakan, dan yang lainnya akan berlangsung selama beberapa tahun mendatang. Langganan 5G komersial pertama di wilayah tersebut diharapkan di 2019.

Ericsson menambahkan bahwa penyebaran 5G fixed-wireless kemungkinan akan terus tetap relevan, karena separuh dari seluruh rumah tangga di seluruh dunia tidak memiliki koneksi fixed-line.

"Mengingat kecepatan dan kapasitas jaringan seluler saat ini dengan LTE dan evolusinya ke 5G, ada peluang bagi operator untuk memberikan layanan broadband ke rumah dan usaha kecil dan menengah secara ekonomi menggunakan FWA," katanya.

5G

Baca Juga: YouTube Kids Sediakan Konten Edukatif untuk Anak-Anak

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini