nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa yang Dilakukan NASA InSight Setelah Mendarat di Mars?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 56 1984081 apa-yang-dilakukan-nasa-insight-setelah-mendarat-di-mars-ZfJupJezwX.jpg Robot InSight (Foto: Extreme Tech)

JAKARTA - Robot InSight milik NASA telah berhasil mendarat di Planet Mars pada 27 November 2018. Ini menjadikan pendaratan Mars pertama selama enam tahun. Lalu apa yang akan dilakukan InSight setelah mendarat di Planet Merah tersebut?

Dilansir dari laman Extreme Tech, Rabu (28/11/2018) setelah mendarat Insight diharapkan untuk melakukan beberapa penelitian. Robot probe tersebut harus melakukan beberapa bulan persiapan kerja sebelum instrumennya siap untuk mengirim data ke bumi.

Lebih lanjut, ada tiga paket instrumen utama didalam robot InSight, yang paling terkenal adalah Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS). Fitur ini lebih tepatnya akan meneliti gempa bumi atau yang dikenal marsquakes.

Cara kerjanya adalah dengan mengambil pembacaan seismik dari permukaan. Sementara itu untuk menyebarkan instrumen dipermukaan akan membutuhkan waktu.

Kemudian, selama beberapa minggu mendatang, NASA juga akan mempelajari zona pendaratan InSight untuk mencari tahu di mana tepatnya mereka dapat menempatkan sensor seismik.

Untuk diketahui, InSight memiliki lengan robot 2,4 meter untuk menempatkan instrumen, dan Jet Propulsion Laboratory akan menjalankan beberapa simulasi dengan lengan pendarat yang telah diuji di Bumi. 

Sebelum itu bisa terjadi, tim berencana untuk mengubah permukaan pengujian agar sesuai dengan zona pendaratan sesungguhnya InSight. Para teknisi NASA di Bumi harus hati-hati memindahkan lengan ke posisi dan menempatkan sensor sehingga membuat kontak yang baik dengan tanah.

Baca Juga: Sony Rilis Earphone Wireless dengan Fitur Tahan Air di Indonesia

Setelah menempatkan sensor, lengan harus mengulang manuver untuk menjatuhkan perisai di atasnya untuk melindunginya dari variasi angin dan suhu. Akan ada beberapa minggu sebelum NASA siap untuk melakukan ini.

Insight juga memiliki probe yang disebut Heat Flow dan Physical Properties Package (HP3). Berbeda dengan sensor seismik, yang satu ini sebenarnya masuk ke dalam planet. Instrumen ini seperti mendorong dirinya sendiri hingga 5 meter (16 kaki) ke dalam planet. NASA memproyeksikan beberapa bulan untuk probe untuk mencapai kedalaman yang diinginkan.

HP3 menyeret penambat bersamaan dengannya, menghubungkannya ke pendarat. Penambatan memiliki sensor suhu setiap 10 cm. Sensor tertanam itu akan memberikan data tentang gerakan panas di dalam planet, yang dapat memberi tahu kita tentang inti dan sejarahnya.

Instrumen utama terakhir pada InSight adalah satu-satunya yang tidak memerlukan pengaturan tambahan. Rotation dan Interior Structure Experiment (RISE) akan menggunakan radio X band pendarat untuk mengambil pembacaan rotasi yang tepat.

Membangun data dari misi Viking dan Pathfinder, RISE akan membantu NASA melacak arah aksial, presesi, dan sebagainya Mars. NASA mengharapkan Insight untuk memulai operasi sainsnya awal tahun depan.

Insight

Baca Juga: Selamat Tinggal Remote Control, TV Pintar Ini Dikendalikan via Otak

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini