nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tawon Ini Bikin Laba-Laba Menjadi 'Zombie', Kok Bisa?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 29 56 1984511 tawon-ini-bikin-laba-laba-menjadi-zombie-kok-bisa-8zq5hXuGf3.jpg (Foto: University of British Columbia/Techtimes)

JAKARTA – Para ilmuwan telah menemukan spesies tawon parasit di Ekuador. Ini yang mengubah laba-laba menjadi zombie, memanipulasi arachnida untuk meninggalkan koloninya.

Dilansir dari Tech Times, Kamis (29/11/2018), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Ekologi Entemologi membahas bagaimana tawon Zatypota dapat membuat laba-laba Anelosimus eximius patuh pada perintahnya.

"Tidak hanya tawon ini yang menargetkan spesies laba-laba sosial tetapi membuatnya meninggalkan koloninya, yang jarang terjadi," kata penulis Philippe Fernandez-Fournier.

Ia memeriksa laba-laba sosial Anelosimus eximius, yang dikenal hidup harmonis dalam koloni dan memiliki kerja tim yang baik.

 

Namun, ia mengamati bahwa beberapa serangga ini telah terinfeksi larva parasit dan telah pindah dari koloni mereka. Setelah laba-laba terinfeksi keluar dari koloni, mereka mulai memutar jaring-jaring yang tertutup. Ketika dilihat lebih dekat, yang keluar dari kepompong ialah tawon parasit tersebut.

Baca juga: Tampilan Baru Google Translate di Website, Ini Fiturnya

Ternyata tawon betina bertelur dalam laba-laba sosial. Saat menetas, larva memakan inang sampai tumbuh lebih besar. Yang lebih buruk adalah setelah laba-laba melakukan semua pekerjaan, ia menunggu sampai dimakan oleh larva. Setelah itu, larva tetap di kepompong dan 9-11 hari kemudian, ia akan keluar.

Biasanya tawon akan menyerang laba-laba individual, namun setelah diteliti laba-laba sosial akan mendatangkan lebih banyak makanan. Para ahli juga mengatakan bahwa semakin besar koloni, semakin banyak yang ditargetkan oleh tawon.

 

Baca juga: Intip Ponsel Tahan Banting dengan Layar Safir 5 Inci

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini