nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 8 Aplikasi Android Bisa Curi Data Ponsel Diam-Diam

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 13:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 207 1984980 ini-8-aplikasi-android-yang-curi-data-ponsel-diam-diam-Sk7A9IWFbg.jpg (Foto: Mashable)

JAKARTA - Ditemukan delapan aplikasi Android di Google Play Store terindikasi bisa mencuri data ponsel secara diam-diam. Aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 2 miliar pengguna.

Mengutip laman The Verge, tujuh aplikasi di antaranya dimiliki oleh Cheetah Mobile. Sementara, satu aplikasi lainnya dimiliki oleh Kika Tech.

Aplikasi tersebut yakni, Clean Master, Security Master, CM Launcher 3D, Battery Doctor, Cheetah Keyboard, CM Locker, dan CM File Manager. Sedangkan satu aplikasi android lainnya adalah Kika Keyboard, salah satu aplikasi tema papan ketik paling populer di Google Play Store.

Cheetah Mobile dan Kika Tech bekerjasama untuk mengelabui izin aplikasi yang ada di sistem operasi Android. Dari sinilah mereka mampu melacak aplikasi apa saja yang akan diunduh pengguna selanjutnya. Kemudian, kedua perusahaan ini memaksa untuk memasang aplikasi tertentu di smartphone pengguna.

 

Baca juga: Tawon Ini Bikin Laba-Laba Menjadi 'Zombie', Kok Bisa?

Praktik seperti ini memungkinkan untuk mendapatkan persenan dari para mitra yang bekerjasama. Mereka memberikan USD50 sen (Rp7.200) hingga USD3 (Rp43.000) per unduhan.

Selain itu, pengguna aplikasi Android ini nantinya juga akan dirugikan karena baterai dan kuota internetnya yang cepat habis. Hal ini dikarenakan ada aplikasi yang terpasang di smartphone secara diam-diam.

 

Baca juga: Nokia 8.1 Meluncur Pekan Depan Usung Android 9 Pie?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini