nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi Zepeto Diduga Melacak Pengguna, Benarkah?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 14:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 30 207 1985023 aplikasi-zepeto-diduga-melacak-pengguna-benarkah-TxSai6OjaY.jpg (Foto: Meg.onemega)

JAKARTA – Aplikasi populer Zepeto baru-baru ini diduga dapat melacak dan merekam penggunanya. Rumor itu berasal dari suatu obrolan grup yang tersebar ke Twitter.

Dilansir dari PopBuzz, Jumat (30/11/2018), tidak ada bukti bahwa aplikasi ini dapat memata-matai penggunanya. Akan tetapi salah satu akun Twitter @alltime_issues mengatakan ada suara statis dari speaker ponsel Anda saat menggunakan Zepeto, yang mengarah ke spekulasi bahwa aplikasi ini sedang merekam penggunanya.

Para pengguna yang lain pun terpengaruh untuk menghapus aplikasi Zepeto miliknya meskipun kebenarannya belum terbukti apa pun.

Nyatanya, aplikasi tidak 'melacak' Anda karena tidak meminta izin lokasi pada perangkat Anda. Ketika mengunduh aplikasi, mereka hanya meminta izin akses kamera dan notifikasi.

Baca juga: Tawon Ini Bikin Laba-Laba Menjadi 'Zombie', Kok Bisa?

Zepeto mengklarifikasi isu yang beredar ini tidak benar. "Kami mengonfirmasi bahwa tidak ada aktivitas pelacakan orang atau benda apa pun yang terjadi pada aplikasi Zepeto. Kami hanya menggunakan mikrofon ketika pengguna merekam video menggunakan kamera dalam aplikasi untuk merekam video," tulis juru bicara Snow Corporation pada laman PiunikaWeb.

 

Baca juga: Aplikasi Zepeto Ciptakan Avatar 3D dengan Foto Selfie

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini