Seberapa Percaya Manusia dengan Teori Konspirasi Alien?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 12:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 30 56 1984944 seberapa-percaya-manusia-dengan-teori-konspirasi-alien-EU7fXiokOR.jpeg Ilustrasi Alien (Foto: New Atlas)

JAKARTA – Keberadaan Alien memang telah menjadi pertanyaan yang belum terjawab. Apakah benar ada atau hanya fiksi belaka, beberapa konspirasi tentang makhluk tersebut pun banyak bermunculan.

Menariknya, baru-baru ini sebuah tim peneliti dari Universitas Cambridge melakukan survey di 9 negara untuk mengungkapkan pandangan-pandangan tentang alien dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari laman New Atlas, Jumat (30/11/2018) survey ini melibatkan lebih dari 11.000 orang dewasa di Amerika, Inggris, Polandia, Italia, Prancis, Jerman, Portugal, Swedia dan Hongaria.

Mereka ditanya tentang keyakinan tentang 10 teori konspirasi yang berbeda, salah satunya ‘Apakah kontak alien dengan manusia sedang ditutupi oleh pemerintah atau mungkin perubahan iklim adalah sebuah tipuan?.'

Ilustrasi

Baca Juga: Aplikasi Zepeto Ciptakan Avatar 3D dengan Foto Selfie

Lebih dari setengah responden percaya pada setidaknya 1 teori konspirasi yang ditanya. Swedia adalah negara yang paling skeptis, sekira 48% orang tidak percaya setiap konspirasi yang ditanya. Sementara Hungaria, kebanyakan orang percaya dengan 15% orang menolak konspirasi tersebut. Di Amerika setidaknya 36% responden yang tidak percaya setiap teori yang diajukan.

Di Inggris, beberapa orang percaya pada konspirasi yang di ajukan. Jumlah responden yang jauh lebih besar setuju dengan gagasan konspiratif bahwa, "Pemerintah sengaja menyembunyikan kebenaran tentang berapa banyak imigran yang benar-benar hidup di negara ini."

Sekitar 48 persen responden di Hongaria, sebuah negara yang saat ini dijalankan oleh seorang perdana menteri kontroversial yang dikenal memprovokasi sentimen anti-imigran, setuju dengan pernyataan itu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini