nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arkeolog Temukan Perkakas Batu Berusia 2,4 Juta Tahun

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 30 56 1985034 arkeolog-temukan-perkakas-batu-berusia-2-4-juta-tahun-MxbQtO6hOE.jpeg Fosil Batu (Foto: Telegraph)

JAKARTA – Arkeolog Aljazair menemukan alat-alat batu dan pemotong tulang-tulang binatang yang diperkirakan berumur 2,4 juta tahun. Fosil-fosil tersebut telah ditemukan di Afrika Timur.

Dilansir dari laman Telegraph, Jumat (30/11/2018) tepatnya ini ditemukan di Setif, sekira 300 km timur Aljazair, oleh tim peneliti internasional. Alatnya sangat mirip dengan yang disebut Oldowan.

Alat-alat itu ditemukan di dekat lusinan tulang binatang yang membatu. Tulang-tulang ini berasal dari hewan nenek moyang buaya, gajah dan kuda nil.

"Afrika Timur secara luas dianggap sebagai tempat kelahiran penggunaan alat batu oleh leluhur hominid purba kita, contoh paling awal dari tanggal sejauh 2,6 juta tahun lalu," kata sebuah laporan dalam Science.

Ilustrasi

Baca Juga: Aplikasi Zepeto Diduga Melacak Pengguna, Benarkah?

Penemuan ini dibuat dalam dua lapisan, satu berasal dari 2,4 juta tahun yang lalu dan yang kedua berasal dari 1,9 juta tahun yang lalu.

Temuan tersebut telah menunjukkan bahwa nenek moyang orang modern hadir di Afrika Utara setidaknya 600.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan para ilmuwan.

Alat tertua yang diketahui dari Afrika Utara berusia 1,8 juta tahun, dan ditemukan di situs terdekat. Penggalian dilakukan oleh para ahli dari lembaga penelitian di Spanyol, Aljazair, Australia dan Perancis.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini