nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2019, NASA Berencana Luncurkan Misi Pendaratan di Bulan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 01 56 1985471 2019-nasa-berencana-luncurkan-misi-pendaratan-di-bulan-oOMCQMuTuG.jpg Ilustrasi Astronot di Bulan (Foto: Space News)

JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika (NASA) telah mengumumkan rencananya untuk melakukan misi pendaratan di bulan. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Administrator NASA, Jim Bridenstine yang mengungkapkan bahwa akan ada 9 perusahaan Amerika yang bersaing untuk pendaratan di bulan tersebut.

"Pengumuman ini menandai kemajuan nyata dalam kembalinya Amerika ke permukaan Bulan," kata Bridenstine, seperti dilansir dari laman VOA News, Minggu (2/12/2018).

Dia melanjutkan, jika pendaratan di bulan untuk membawa banyak percobaan sains dan teknologi ke bulan secepat mungkin. Penerbangan pertama dapat dilakukan sekitar awal tahun depan.

Ini juga akan menandai ulang tahun ke- 50 pendaratan berawak pertama di bulan. Terakhir kali manusia mengunjungi bulan adalah pada tahun 1972, selama misi Apollo 17 NASA.

NASA

Baca Juga: Ini Ponsel dengan Teknologi Blockchain Pertama di Dunia

Para pejabat NASA mengatakan tujuan dari spaceflight yang direncanakan adalah untuk mengangkut peralatan untuk melakukan eksperimen dan mengumpulkan informasi tentang bulan. Beberapa perusahaan diharapkan untuk mengembangkan kendaraan peluncur kecil atau robot rovers untuk mengeksplorasi permukaannya.

Lebih lanjut, NASA juga mengatakan akan memberikan total USD 2,6 miliar untuk misi ini selama 10 tahun ke depan. Bridenstine mengatakan bahwa NASA ingin banyak perusahaan yang terlibat untuk memperkuat persaingan.

Dia juga mengatakan dia berharap untuk memiliki orang yang secara teratur bekerja di bulan dalam 10 tahun. NASA telah mengatakan mereka mengharapkan bekerja di laboratorium stasiun ruang angkasa baru untuk memulai secepat 2022.

Stasiun ruang angkasa baru akan mengorbit bulan. Tapi itu juga diharapkan berfungsi sebagai titik peluncuran untuk misi ke bagian lain dari tata surya, termasuk planet Mars.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini