Predator Helios 300 Bisa Jalankan Game Berat dengan Fitur Backlit Keyboard

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 17:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 03 92 1986251 predator-helios-300-bisa-jalankan-game-berat-dengan-fitur-backlit-keyboard-g5cauNXG0S.jpg (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Acer menyediakan perangkat laptop yang tidak hanya ditujukan untuk pengguna profesional atau pelajar, tetapi juga kalangan gamer di Tanah Air. Terkini, Acer telah merilis sebuah laptop yang berada di kelas laptop gaming, yang dijuluki Acer Predator Helios 300.

Tidak seperti laptop pada umumnya yang memiliki ukuran yang tipis atau ringan, laptop gaming memang kental dengan bodi yang lebih besar. Begitu juga yang terlihat pada Predator Helios 300.

Meskipun mengusung bodi yang bongsor, hardware yang ditanamkan di dalamnya patut diacungi jempol. Jelas saja, laptop gaming memang dirancang untuk memiliki performa di atas rata-rata laptop pada umumnya.

 

Acer Predator Helios 300 yang sempat dijajal Okezone, mengadopsi prosesor Intel Core i7 7700HQ dan juga Nvidia GeForce GTX 1060. Kemampuan perangkat keras yang dimiliki laptop ini mendukung untuk berbagai macam pekerjaan, tidak hanya bermain game, melainkan juga untuk tugas-tugas lainnya seperti pengeditan video.

Baca juga: 5 Laptop Gaming yang Dibanderol Murah, Apa Saja?

Desain

Predator Helios 300 tampil dengan warna hitam dengan garis merah pada bagian cover. Pada bagian tengah cover terdapat lambang Predator yang menegaskan kesan sangar pada perangkat.

Di bagian tepian atas cover laptop dengan metal chassis ini diberikan aksen tertentu sehingga membuatnya tampak unik dengan sedikit lekukan pada bagian sudut.

 

Sementara pada sisi belakang, terdapat celah-celah yang tampaknya merupakan tempat pembuangan udara panas. Acer menyebut bagian ini dengan nama AeroBlade 3D, yang menjaga aliran udara sehingga membuat perangkat tetap dingin dan bersih.

Sedangkan pada bagian kiri terdapat beberapa port seperti port USB 2 buah, port jack audio, lampu indikator dan lubang untuk pengisian daya. Pada sisi kanan, tersedia satu port USB 3.0, USB Type C, HDMI, port LAN, serta pembaca kartu SD.

 

Baca juga: 5 Laptop Gaming Terbaik di 2018

Fitur

Buat para gamers, kehadiran laptop gaming adalah perangkat yang diidam-idamkan. Dengan laptop gaming, maka mereka bisa bermain di mana saja, sekalipun di kamar atau di ruangan dengan cahaya redup.

Dengan bantuan fitur backlit keyboard, seperti yang dimiliki Predator Helios 300, maka hal ini mungkin membantu gamer. Lampu merah yang terpancar dari balik tombol keyboard memberikan sedikit cahaya, meski tidak berpijar kuat. Fitur lain yang ditawarkan ialah AeroBlade 3D. Kipas yang diklaim Acer ultra tipis 0,1mm menawarkan aerodynamics dan aliran udara yang menjaga sistem tetap bersuhu dingin. Selain itu, kipas pada perangkat ini tidak terlalu bising ketika beroperasi.

Fitur lain yang ditawarkan Predator Helios 300 ialah kamera webcam yang terletak di atas layar, laptop menyuguhkan hingga dua kali kecepatan wireless (MIMO), mendukung VR dan kecepatan data transit berkat DDR4.

Benchmark

Okezone menjajal game Battlefield 1 untuk merasakan langsung pengalaman bermain game first person shooter tersebut. Game terlihat berjalan mulus walau pengaturan grafis di posisikan pada tingkat tinggi.

Ketika diposisikan dalam tingkat medium, Battlefield 1 berjalan dengan angka di atas 30 fps, Okezone berhasil meng-capture pada 38 fps. Saat diposisikan dalam pengaturan grafis low, maka ditemukan angka 75 fps dan permainan berjalan sangat mulus tanpa lag.

 

Pada tingkat ekstrem yakni grafis ultra, game tetap dapat berjalan dengan baik walau di bawah 30 fps. Okezone mendapatkan rata-rata 23 fps pada pengaturan grafis ini.

Selain bermain game Battlefield 1, Predator Helios 300 juga menjalankan benchmark Resident Evil 6. Ditemukan hasil skor yang memuaskan yakni 5.761 (Rank A) dan keterangan "game bekerja sangat baik, bahkan pada resolusi yang lebih tinggi".

 

Sementara itu, skor yang dihasilkan dari software benchmark 3DMark 'Fire Strike Ultra' menunjukkan angka 2772.

Kesimpulan

Acer Predator Helios 300 menjadi laptop gaming yang bisa menjadi pilihan untuk para penggemar game 3D terkini. Spesifikasi yang diusung membuatnya mampu melahap berbagai macam game terkini.

Berkat Intel Core i7 7700HQ, Nvidia GeForce GTX 1060 dan RAM 16GB DDR4 memory, Predator Helios 300 bisa diandalkan untuk melakukan tugas-tugas berat seperti bermain game atau edit video dengan cukup cepat.

Tidak ada masalah pada kualitas audio dan Predator Helios 300 cukup baik perihal daya tahan baterai.

 

Bodi laptop tampak besar, namun laptop tidak memiliki fitur optical drive yang mungkin berguna bagi mereka yang senang menonton DVD.

Laptop memiliki berat sekira 2,7 kilogram, sehingga tampaknya akan repot bila dibawa bepergian. Selain itu, lampu backlit keyboard terlihat tidak terlalu terang.

Kemampuan Acer Predator Helios 300 tampaknya setara dengan harga yang ditawarkan, yakni Rp24 jutaan.

 

Spesifikasi

- Intel Core i7 7700HQ

- Nvidia GeForce GTX 1060

- Layar 15,6 inci

- RAM 16GB DDR4 Memory

- Storage: 128 GB SSD + 1TB HDD

- Windows 10

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini