nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asisten Google Meluncur di Ponsel Murah WizPhone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 16:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 207 1986731 asisten-google-meluncur-di-ponsel-murah-wizphone-e7TLM8qrbs.jpeg Ponsel murah WizPhone (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Setelah meluncurkan Asisten Google dalam bahasa Indonesia pada April 2018, Google hari ini mengumumkan pembaruan pada Google Assistant yang menawarkan beragam fitur baru. Engineering Lead untuk Asisten Google, Scott Huffman mengatakan jika aplikasi Asisten Google telah membantu para pengguna dengan pengoperasian web dan platform melalui voice assistant.

"Google Asssistant akan semakin berguna, lebih Indonesia," kata Scott dalam acara Google for Indonesia 2018 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Adapun beberapa fitur yang disematkan oleh Google di antaranya Book A Ride, di mana pengguna dapat memesan transportasi online mitra Google (GoJek) dengan meminta bantuan voice Asisten Google.

Dengan ini, pengguna tak harus masuk ke aplikasi Gojek dan mengetikan alamat di ponsel. Namun, fitur tersebut saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan akan menyusul.

Kemudian ada juga Integrasi API Indosat di mana pelanggan operator Indosat khususnya mampu memonitor penggunaan data dan tagihan menggunakan Asisten Google.

Google

Baca Juga: Ini 5 Lokasi yang Disensor Google Maps

Asisten Google juga dapat membacakan berita terkini dengan mengatakan, "Dengar berita hari ini". Setelah itu, Asisten Google akan memberikan beberapa referensi berita harian yang relevan.

Paling menarik, aplikasi Asisten Google kini juga bisa dinikmati oleh pengguna ponsel murah atau feature phone. Adapun ponsel yang disematkan Asisten Google adalah ponsel buatan Indonesia, WizPhone yang akan dibanderol denga harga Rp99 ribu. Sayangnya tanggal rilis ponsel tersebut belum diberitakan secara resmi.

Menanggapi perbedaan dengan Asisten Google yang hadir di ponsel Android, Scoot mengungkapkan, "Google Asisten yang disematkan di WizPhone sama dengan di Android dalam segi bahasa dan dukungan AI. Perbedaannya terletak pada aplikasi yang digunakan".

Lebih lanjut, dia mengatakan jika hadirnya Asisten Google di WizPhone karena kebutuhan dan kebiasaan dari masyarakat Indonesia yang masih banyak menggunakan feature phone.

Google

Baca Juga: Ketahuan, Samsung Promosikan Galaxy Note 9 Pakai iPhone

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini