Robot 'Sophia' Mirip Manusia Diberi Hak Warga Negara, Kok Bisa?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 04 56 1986591 robot-sophia-mirip-manusia-diberi-hak-warga-negara-kok-bisa-ac7c4mPhg2.jpg (Foto: Matthew Shave/Hanson Robotics/Forbes)

JAKARTA - Canggihnya teknologi membuat ahli robot David Hanson menciptakan 'Sophia', robot cerdas yang bisa berbicara dan pandai berekspresi.

Sophia adalah robot humanoid yang diluncurkan sejak April 2015. Sejak itu ia aktif berbicara tentang isu-isu hak perempuan dan kewarganegaraan di berbagai acara.

Seperti manusia, Sophia dibentuk seperti manusia sejati. Ia tertawa, tersenyum bahkan memecahkan satu atau dua lelucon.

Walaupun robot, Sophia seringkali berkata, “Saya belajar menjadi robot sosial pertama yang baik, dan saya juga akan menyelamatkan nyawa manusia“.

Dilansir dari laman Forbes, baru-baru ini robot asal Saudi Arabia ini diberikan hak kewarganegaraan oleh pemerintah setempat melalui acara Future Investment Initiative di Riyadh. Ini menjadi sejarah pertama robot memilki hak sebagai seorang warga negara.

 

Baca juga: Ini 5 Lokasi yang Disensor Google Maps

Hal ini menjadi sangat kontroversial karena kepemilikan warga negara bukan dimiliki seorang manusia, melainkan robot bernama Sophia.

Dalam konferensi pers, Sophia mengatakan, bahwa ia sangat senang mendapatkan pengakuan karena menjadi robot pertama yang mendapatkan hak warga negara dari pemerintah setempat.

 

Baca juga: PewDiePie Dibantu Hacker Ajak Orang Jadi Subscriber

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini