nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaringan 5G Lahirkan Transisi Teknologi Terbesar, Ini Tantangannya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 16:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 54 1987210 jaringan-5g-lahirkan-transisi-teknologi-terbesar-ini-tantangannya-7xtvpw2eau.jpg (Foto: Qualcomm)

JAKARTA - 5G merupakan teknologi jaringan yang dinantikan kehadirannya untuk mendukung internet berkecepatan tinggi. Generasi penerus 4G LTE itu memungkinkan Anda untuk menjalankan video resolusi tinggi, game dan VR dengan lancar.

Dilansir Mashable, Rabu (5/12/2018), 5G hampir merupakan perombakan total terkait konektivitas. Ini akan cukup cepat untuk menggantikan WiFi di rumah dan dengan demikian akan memungkinkan perangkat untuk benar-benar selalu tetap terhubung di mana pun Anda berada.

5G juga memiliki bandwidth yang jauh lebih tinggi untuk mendukung lebih banyak perangkat yang dapat terhubung secara bersamaan dengan latensi yang lebih sedikit.

Terkait 5G, Qualcomm baru-baru ini menggelar Snapdragon Technology Summit di Maui, Hawaii. "Kami berharap teknologi 5G diterapkan, itu akan memperkaya kehidupan orang-orang," kata Cristiano Amon, Presiden Qualcomm.

Menurutnya, 5G memiliki potensi untuk menjadi salah satu transisi teknologi terbesar. "Ini akan menjadi infrastruktur dasar bagi masyarakat yang akan dapat menghubungkan segala sesuatu di sekitar kita. 5G juga akan memimpin penciptaan industri dan jasa yang belum dibayangkan," lanjut Amon.

 

Baca juga: Ini Hal yang Paling Ramai di Twitter pada 2018

Salah satu tantangan terbesar 5G ialah memastikan bahwa teknologi ini benar-benar bekerja sebagaimana yang dijanjikan.

Selain itu, produsen ponsel juga harus memperhatikan perangkat mereka yang mendukung jaringan 5G. Produsen ponsel harus berpikir tentang masa pakai baterai, karena setiap generasi baru dari konektivitas seluler yang lebih cepat telah mengurangi masa pakai baterai. 5G harus didukung dengan performa, mobilitas, form factor dan lain-lain.

 

Baca juga: Asteroid Bennu Bakal Tabrak Bumi dan Sebabkan Kiamat?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini