Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hidung Anjing Laut Ini Keluar Belut, Kok Bisa?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 56 1988151 hidung-anjing-laut-ini-keluar-belut-kok-bisa-1T7nQ0oZPn.jpg (Foto: NOAA Fisheries/Brittany Dolan)

JAKARTA – Baru-baru ini, peneliti dari Hawaii menyebarkan foto fenomena anjing laut “aneh” dalam laman Facebook. Foto ini sangat aneh karena anjing laut tersebut mengeluarkan belut dari hidungnya.

“Fenomena ini bukan pertama kalinya dan justru meningkat dalam beberapa tahun terakhir”, ujar Charles Littnan, salah satu peneliti Hawaiian Monk Seal Research Program, seperti dilansir dari laman LiveScience, Jumat (7/12/2018).

Fenomena ini sering disebut “belut hidung” karena terdapat belut pada hidung mereka. Departemen Perdagangan Kelautan Amerika Serikat juga mengaku telah mengamati anjing laut itu sejak lama.

 

Baca juga: Kenali Lil Bill, Sapi Terkecil di Dunia

Mereka meneliti kesehatan, pola makan, demografi, populasi dan ekologi mereka. Anjing laut atau monk seal ini merupakan spesies langka yang terancam punah.

Para peneliti masih belum mengetahui mengapa fenomena ini terjadi. “Anehnya, belut tersebut selalu berada di hidung sebelah kanan,” ujar Littnan.

Teori sementara mengatakan, belut masuk ke hidung ketika anjing laut mencari makan di terumbu karang. Seekor belut kemungkinan mencoba untuk mempertahankan atau melarikan diri dari anjing laut. Akan tetapi, mereka justru terjebak dalam hidung anjing laut tersebut.

 

Baca juga: Ini Cara agar PUBG Mobile Lancar Dimainkan di Ponsel

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini