Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Suara Hembusan Angin di Mars yang Direkam NASA InSight

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 10:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 56 1989062 ini-suara-hembusan-angin-di-mars-yang-direkam-nasa-insight-PIcdIkO2xQ.jpg Ilustrasi Mars (Foto: CNN)

JAKARTA - Ilmuwan NASA telah merilis audio dari rumbles yang ditangkap oleh pendarat InSight di permukaan Mars. Suara yang direkam dengan sensor InSight pada 1 Desember itu berasal dari getaran yang disebabkan oleh angin yang perkiraan NASA bertiup pada sekitar 10 hingga 15 mph (16 hingga 24 km per jam).

Dilansir dari laman Science Alert, Senin (10/12/2018) Insight, yang merupakan singkatan dari "Eksplorasi Interior menggunakan Investigasi Seismik, Geodesi, dan Transportasi Panas," berhasil mendarat di Mars 'Elysium Planitia pada 26 November setelah enam bulan perjalanan melalui ruang angkasa.

"Menangkap audio ini adalah suguhan yang tidak direncanakan," kata Bruce Banerdt, penyelidik utama InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA dalam rilis resmi.

Dia menambahkan " Akan tetapi salah satu hal yang didedikasikan untuk misi kami adalah mengukur gerakan di Mars, dan tentu saja itu termasuk gerakan yang disebabkan oleh gelombang suara."

Insight

Baca Juga: Ini 3 Produsen Ponsel yang Bakal Rilis Ponsel 5G

Pesawat luar angkasa NASA memang dilengkapi dengan dua sensor, satu untuk tekanan udara dan seismometer untuk mengukur gerakan tanah. Seismometer mengambil getaran angin yang meluncur di atas panel surya InSight.

"Panel surya di sisi pendarat merespon fluktuasi tekanan angin," kata Tom Pike, yang merupakan bagian dari tim sains InSight.

"Ini seperti InSight yang menangkupkan telinganya dan mendengar angin Mars berdetak di atasnya," imbuh dia.

Sementara seismometer akan segera dikerahkan ke permukaan Mars, di mana ia akan ditutupi oleh kubah pelindung untuk mengukur lebih baik tremor planet, juga dikenal sebagai marsquakes.

Pada akhirnya, para ilmuwan berharap untuk lebih memahami interior Mars. Suara yang direkam oleh InSight berada pada kisaran kemampuan pendengaran manusia yang lebih rendah, mirip dengan apa yang mungkin Anda dengar dari subwoofer.

NASA juga merilis versi yang telah diedit yang telah mengangkat dua oktaf agar lebih jelas di telinga manusia. Ke depan, NASA berencana untuk melengkapi Mars 2020 rover dengan dua mikrofon untuk mengumpulkan lebih banyak data pada suara Planet Merah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini