Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oknum Pemkot Potong Kabel Operator Jaringan Telekomunikasi Secara Sepihak

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 13:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 207 1990201 oknum-pemkot-potong-kabel-operator-jaringan-telekomunikasi-secara-sepihak-zaS5g517Gz.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

SURABAYA - Kabel fiber optik (FO) merupakan perangkat pendukung modernisasi menuju terbentuknya masyarakat digital yang merupakan bentuk pelayanan jasa dari pihak operator jaringan telekomunikasi, yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Namun, disayangkan percepatan pembangunan infrastruktur tersebut masih memiliki banyak persoalan di mana seringkali terjadi pemotongan kabel FO secara sepihak oleh pemerintah kota tanpa adanya komunikasi yang baik dengan operator.

Pemotongan secara sepihak seperti ini tentunya tidak sesuai dengan program pemerintah pusat mengenai program pita lebar di kota-kota besar.

Salah satunya, seperti yang dialami oleh PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) mengeluhkan terjadinya pemutusan instalasi kabel FO di Surabaya sehingga mengakibatkan terputusnya tayangan di rumah pelanggan.

 

Pemutusan kabel FO terjadi secara sepihak, dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak MNC Play. “Tentunya kami sangat menyayangkan atas kejadian ini, dan pastinya merugikan pihak kami," ujar Jusuf Kurniawan, Branch Head MNC Play Surabaya.

Sebanyak 5 titik FO di ruas jalan kota Surabaya yang diputus oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan hal ini memberikan dampak putusnya tayangan di ribuan rumah pelanggan. “Seluruh perizinan untuk ruas jalan tersebut telah kami urus sesuai prosedur, dan tidak menyalahi peraturan yang ada," ujarnya.

Oleh sebab itu, harapannya, Pemkot Surabaya dapat turun tangan menyelesaikan hal ini dan memberikan dukungan agar proyek modernisasi infrastruktur di kota tersebut dapat terlaksana dengan baik. Idealnya, pemerintah melakukan pengawasan dengan baik dan menata berbagai infrastruktur di daerahnya sesuai perizinan yang sudah diurus oleh para operator jaringan FO.

“Pihak kami sungguh menyayangkan tindakan Pemkot yang semena-mena memotong instalasi FO yang sudah kami selesaikan perizinannya," ujar Jusuf. Untuk proses pengerjaan kembali akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Pemasangan kabel FO di sejumlah area memiliki manfaat besar bagi masyarakat pada era digital saat ini.

Di lain pihak, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Surabaya berharap Pemerintah kedepannya dapat membuka komunikasi yang baik bagi seluruh penyelenggara bisnis jaringan fiber optic ini agar tidak adanya lagi kasus serupa.

 

“Kami mendapatkan laporan dari beberapa anggota yang juga merupakan operator Telekomunikasi yang mengalami hal serupa di Surabaya, sehingga perlu adanya komunikasi yang baik antara penyelenggara bisnis serta pemerintah sehingga tercipta sinergi kerjasama yang solid," ujar Ketua Apjatel Jatim, Bapak Adri Irianto.

Atas kasus ini, Pemkot seharusnya melakukan pengamanan dan perlindungan atas sarana dan prasarana telekomunikasi serta jaringan telekomunikasi yang berada di Surabaya, termasuk infrastruktur kabel FO MNC Play, di mana hal tersebut juga telah ditegaskan oleh Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2000 pasal 79 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini