Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Aman Belanja Online agar Tidak Menjadi Korban Penipuan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 207 1990325 tips-aman-belanja-online-agar-tidak-menjadi-korban-penipuan-G8JJfvzz0C.jpg (Foto: Doofinder)

JAKARTA - Saat ini internet bisa dimanfaatkan seluas-luasnya untuk memudahkan masyarakat. Salah satu manfaat munculnya internet ialah membuka peluang baru terkait bisnis online.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini internet semakin mudah diakses, sehingga setiap orang lebih mudah dalam berkomunikasi. Mereka juga kini menjadi mudah mencari barang yang akan dibeli dengan teknologi internet.

Tren membeli barang secara online ini kian tumbuh, sehingga bermunculan berbagai macam perusahaan e-commerce yang menyediakan barang-barang yang diperlukan konsumen.

Dengan berbelanja secara online ini pengguna dapat membeli barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah. Pengguna bisa mentransfer sejumlah uang kepada penjual dan barang akan dikirim ke alamat yang Anda berikan.

Dengan kemudahan yang diberikan dalam berbelanja online itu, pengguna harus tetap waspada membeli barang secara online. Berikut ini beberapa tips agar Anda tidak menjadi korban penipuan ketika Anda berbelanja online.

Beli di Toko Online Terpercaya

Jika Anda merupakan orang yang tidak ingin keluar rumah atau pergi untuk membeli barang di sebuah toko di mall atau di suatu tempat, maka beli barang kesayangan Anda di situs resmi toko online yang memungkinkan Anda berbelanja barang tersebut dengan aman.

 

Baca juga: 4 Tips Membeli Gadget saat Harbolnas

Beli di Toko Online dengan Jasa ‘Rekber’

Kini telah tersedia beberapa toko online yang memungkinkan Anda berbelanja dengan aman karena fasilitas rekening bersama atau 'rekber' yang disediakan.

Rekber ini berguna karena uang yang Anda transfer akan ditahan oleh penyedia jasa, dan akan diteruskan kepada penjual jika barang yang Anda beli sudah sampai di tujuan.

 

Baca juga: Ini Daftar Diskon dan Promo Smartphone di Harbolnas 2018

Waspada Barang dengan Harga Sangat Murah

Pengguna perlu waspada apabila ditawarkan suatu produk dengan harga terlampau murah. Harga murah bisa saja dipromosikan via media sosial semisal Facebook.

Banyak akun atau halaman palsu yang menampilkan gadget seperti smartphone, tablet, hingga laptop dengan harga yang sangat murah dan tidak masuk akal. Mereka memberikan penjelasan bahwa barang tersebut merupakan barang asli dan bergaransi resmi.

Waspada apabila penjual menolak untuk bertransaksi selain lewat transfer uang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini