PUBG dan Fortnite Bakal Diblokir di China, Kenapa?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 14 326 1991393 pubg-dan-fortnite-bakal-diblokir-di-china-kenapa-IZ3AKEzG3k.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Pemerintah China dikabarkan telah melakukan pemblokiran terhadap 9 game eSport karena diketahui sudah melanggar aturan dan etika di negara tersebut.

Dilansir dari laman TheGamer, Jumat (14/12/2018), kabar itu beredar setelah Komite Peninjauan Etika Online di China ditugaskan untuk me-review dan menentukan apakah ada pelanggaran sosial atau etika dalam game tersebut.

Sebelumnya terdapat 20 game populer yang dilaporkan untuk ditinjau. Kemudian 9 game dinyatakan untuk tidak layak dimainkan lantaran melanggar aturan dan etika.

 

Baca juga: Gamer PUBG Pemula Wajib Perhatikan 5 Hal Ini

Game bergenre battle royale mendominasi 9 game yang akan diblokir. Game tersebut di antaranya League of Legends, PUBG, Fortnite, H1Z1, Ring of Elysium, Paladins, Overwatch, Diablo dan World of Warcraft.

Komite mengatakan game tersebut tak pantas dimainkan karena adanya unsur darah, percakapan chatroom yang tidak pantas, terlalu mengekspos karakter perempuan bahkan menampilkan konten vulgar. Di samping itu ada game yang diblokir karena ketahuan menjalankan misi penipuan.

Selain teguran keras, para developer game harus melakukan perbaikan kepada game mereka agar tidak melanggar norma yang berlaku di China.

 

Baca juga: 5 Aplikasi yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini