Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virgin Galactic Meluncur ke Luar Angkasa, Ini Fotonya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 11:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 14 56 1991188 virgin-galactic-meluncur-ke-luar-angkasa-ini-fotonya-K7O1AeubaJ.jpg (Foto: Virgin Galactic)

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Virgin Galactic, SpaceShipTwo melakukan penerbangan ke luar angkasa pada 13 Desember 2018 waktu setempat di atas Gurun Mohave, California. Pesawat tersebut berhasil terbang sekira 50 mil dan mencapai tepi Bumi selama sekitar satu menit.

Dilansir dari laman New York Times, Jumat (14/12/2018) tepatnya pesawat melonjak dengan kecepatan melampaui 2,9 kali kecepatan suara sekitar 2.200 mil per jam. Ini telah melalui hampir tiga lapis atmosfer Bumi untuk mencapai ruang angkasa.

Pendiri Virgin Galactic yang juga miliarder Inggris, Richard Branson mengungkapkan jika pesawatnya bertujuan untuk mengantarkan turis pada penerbangan pendek ke ruang angkasa atau pariwisata komersial ruang angkasa.

“Hari ini, saat saya berdiri di antara sekelompok orang yang benar-benar luar biasa dengan mata kami di bintang, kami melihat impian terbesar kami dan tantangan terberat kami hingga saat ini terpenuhi,” kata Branson.

Virgin Galactic

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

Dia menambahkan, "Itu adalah perasaan yang tak terlukiskan: kegembiraan, lega, kegembiraan dan antisipasi untuk apa yang akan datang."

Baik NASA dan FAA mengucapkan selamat kepada Virgin Galactic setelah penerbangannya pada hari Kamis.

"Peluncuran berlisensi #FAA ini membawa #America selangkah lebih dekat untuk mewujudkan impian ruang angkasa manusia komersial," kata FAA di Twitter.

Pesawat SpaceShipTwo, bernama VSS Unity, menjadi kapal roket Virgin Galactic pertama yang mencapai ruang angkasa, tetapi itu bukan pesawat luar angkasa pribadi pertama yang melayang ke ketinggian tersebut.

Lebih dari 14 tahun yang lalu, sebuah kapal roket yang dioperasikan oleh Mojave Aerospace Ventures, yang kemudian melisensikan teknologinya kepada Mr. Branson, naik ke ketinggian 69,7 mil. Keberhasilan penerbangan pesawat itu, SpaceShipOne, digembar-gemborkan sebagai awal dari usia ruang angkasa manusia komersial.

Namun di tahun-tahun berikutnya, janji itu segera memudar. Warga sipil diterbangkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, tetapi penerbangan komersial tidak terwujud di tengah kemunduran di industri, termasuk kecelakaan fatal SpaceShipTwo sebelumnya pada 2014.

Virgin Galactic

Baca Juga: 4 Penyebab Ponsel Meledak, Nomor 4 yang Biasa Terjadi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini