Pantau Kegiatan Anak, Google Beri Kontrol untuk Orangtua di Chromebook

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 15 207 1991689 pantau-kegiatan-anak-google-beri-kontrol-untuk-orangtua-di-chromebook-vivfma9hOc.jpg Ilustrasi Chromebook Google (Foto: Computer World)

JAKARTA - Google telah memperkenalkan kontrol tambahan ke dalam Chromebook-nya. Kontrol di mana menjadi tempat orang tua dapat mengatur batas waktu dan jam waktu tidur, mengunci perangkat dari jarak jauh dan memantau penggunaan aplikasi

Dilansir dari laman Financial Express, Sabtu (15/12/2018) sebelumnya pada 2017 Google telah meluncurkan aplikasi Family Link untuk membantu orang tua tetap mengikuti perkembangan bagaimana anak-anak mereka menggunakan perangkat Android.

“Hari ini, kami membagikan lebih banyak fitur Family Link yang dapat membantu orang tua dari anak-anak yang menggunakan Chromebook, seperti mengatur batas waktu, mengelola aplikasi yang dapat diunduh oleh anak-anak dan lebih banyak lagi,” kata Google dalam blog resminya.

Menurut perusahaan, lebih dari 50 persen anak-anak antara 6-12 tahun memiliki perangkat laptop secara global.

“Aplikasi Family Link dapat membantu orang tua menetapkan beberapa aturan dasar digital saat anak-anak mereka menjelajahi online di Chromebook mereka,” imbuh Google.

Chromebook

Baca Juga: Canggih, Sepatu Ini Miliki Teknologi Smartwatch

Aplikasi Family Link membantu mengatur batas waktu layar dan menetapkan jam tidur. Selain itu, Family Link juga menawarkan laporan aktivitas untuk menunjukkan kepada orang tua dan anak-anak berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk aplikasi favorit mereka.

Ini juga memungkinkan orang tua untuk menyesuaikan daftar situs web yang dapat dikunjungi anak-anak, dan meninjau serta menyetujui aplikasi yang dapat mereka unduh dari Google Play, seperti YouTube Kids atau Google Play Book.

Orang tua sekarang juga dapat menyembunyikan aplikasi individual bila diperlukan, dan mengelola pembelian dalam aplikasi dalam aplikasi yang sudah terpasang di Chromebook.

“Mereka juga dapat mengelola setelan untuk akun Google anak mereka, dan mengunci akun yang dilindungi dari jarak jauh di Chromebook jika perlu,” pungkas Google.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini