Deteksi Anemia Kini Bisa Lewat Aplikasi, Caranya?

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 10:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 17 56 1992515 deteksi-anemia-kini-bisa-lewat-aplikasi-caranya-jnalTxaX8g.jpg Ilustrasi

JAKARTA – Tim peneliti Universitas Emory, Amerika Serikat (AS) tengah mengembangkan aplikasi pendeteksi anemia. Caranya hanya butuh foto kuku jari pengguna untuk menentukan kadar hemoglobin.

Anemia adalah salah satu penyakit berbahaya dimana kondisi darah kekurangan hemoglobin. Penyakit ini dapat menyebabkan kelelahan, pucat, dan gangguan jantung jika tidak ditangani.

Dilansir dari laman laman New Atlas, Selasa (18/12/2018) aplikasi ini diklaim memungkinkan manajemen diri untuk penderita anemia kronis. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pasien memantau penyakit mereka dan membantu menyesuaikan terapi dan transfusi darah di waktu yang tepat.

Ilustrasi

Baca Juga: Apple Digugat Gara-Gara Notch di iPhone XS

Para peneliti menganalisis foto kuku dan kemudian mengukur kadar hemoglobin pada warna kuku. Melalui satu foto dari ponsel tanpa editan, kadar hemoglobin dapat diukur dengan akurasi 2,4 gram per desiliter dan sensitivitas hingga 97%.

“Dengan hanya bantuan smartphone, aplikasi kami memungkinkan siapa saja memindai anemia secara mandiri kapan saja,” ujar ketua tim peneliti studi tersebut, Wilbur Lam.

Mereka berharap dengan aplkasi ini dapat menggantikan tes anemia berbasis darah untuk diagnosis. Sayangnya, para peneliti masih merahasiakan nama aplikasi tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini