Cincin Saturnus Bakal Hilang dalam 300 Juta Tahun, Benarkah?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 18 56 1992800 cincin-saturnus-bakal-hilang-dalam-300-juta-tahun-benarkah-1fNFJZ5KVO.jpg Ilustrasi Planet Saturnus (Foto: BGR)

JAKARTA - Banyak dari Anda mungkin akan setuju bahwa Saturnus menjadi salah satu planet yang paling mudah dikenal. Pasalnya planet tersebut memiliki cincin yang sangat ikonik.

Dilansir dari laman BGR, Selasa (18/12/2018) para ilmuwan NASA mengungkapkan jika fitur paling menarik dari Saturnus tersebut tidak akan bertahan lama. Dalam video baru, NASA Goddard menjelaskan bahwa cincin itu sendiri sebenarnya berusia cukup muda.

"Diperkirakan berusia kurang dari 100 juta tahun, mereka adalah fitur "baru" dari planet ini, dan mereka tidak akan bertahan lama," kata pihak NASA.

Cincin-cincin itu sebagian besar terdiri dari air beku, dan mereka secara aktif menumpahkan es dalam jumlah yang luar biasa ke planet ini secara konstan. Bahkan, sebuah makalah baru-baru ini menunjukkan bahwa bahan seberat 22.000 pon jatuh dari cincin setiap detik, dan seiring waktu hujan akan membasahi cincin yang benar-benar kering.

Saturnus

Baca Juga: Kini Bisa Tonton Video Sambil Chatting di WhatsApp Android

Partikel-partikel yang membentuk cincin sedang dibombardir oleh radiasi dari Matahari dan awan plasma dari dampak batuan ruang angkasa. Interaksi-interaksi inilah yang menyebabkan material terperangkap di medan magnet planet dan kemudian ditarik ke bawah menuju planet oleh gravitasi.

Perkiraan NASA tentang jumlah materi yang ada di cincin, dikombinasikan dengan data tentang berapa banyak yang jatuh, menunjukkan cincin sepenuhnya hilang dalam 300 juta tahun.

Baca Juga: 4 Penyebab Ponsel Meledak, Nomor 4 yang Biasa Terjadi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini