NASA Temukan Bintang Baru yang Dijuluki 'Gaia 17bpi'

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 19 56 1993409 nasa-temukan-bintang-baru-yang-dijuluki-gaia-17bpi-ASmB9DWUsK.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Dua Teleskop Badan Antariksa (NASA) telah berhasil merekam bintang baru dari sebuah ledakan di ruang angkasa. Bintang tersebut merupakan kelas bintang yang mendapatkan massa ketika materi berputar di sekitar bintang jatuh ke permukaannya.

Dilansir dari laman JPL, Rabu (19/12/2018), materi yang jatuh tersebut menyebabkan bintang muncul sekitar 100 kali lebih terang. Astronom hanya menemukan 25 bintang di kelas ini, dan hanya sekitar setengah dari yang telah diamati selama ledakan.

Penemuan baru ini menjelaskan beberapa misteri yang telah lama ada di sekitar evolusi bintang-bintang muda, termasuk bagaimana mereka memperoleh semua massa mereka. Perilaku meledak-ledak ini tampaknya jauh dari pandangan karena tertutup oleh awan tebal debu.

 

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Penjualan Ponsel Menurun, Ini Alasannya

Bintang yang baru ditemukan, yang dijuluki Gaia 17bpi, pertama kali ditemukan oleh satelit Badan Ruang Angkasa Eropa, Gaia. Akan tetapi satelit NEOWISE secara kebetulan mengamati cahaya bintang pada saat yang sama yang dilakukan oleh Gaia.

Pencarian tambahan dalam arsip data NEOWISE dan arsip teleskop antariksa Spitzer yang mendeteksi inframerah NASA menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa ini telah mendeteksi flare-up dalam cahaya inframerah lebih dari satu tahun sebelumnya.

 

Baca juga: Toko Ponsel Sepi Pembeli, Karyawan: Sekarang Ramai Sama Pegawai-pegawainya Saja

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini