Ini Alasan Mengapa iPhone Tak Laku di India

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 12:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 19 57 1993317 ini-alasan-mengapa-iphone-tak-laku-di-india-QEAQjBQD4Z.jpg (Foto: India Today)

JAKARTA - Penjualan iPhone tampaknya tengah stagnan, bahkan beberapa kasus lebih buruk cenderung menurun. Hal ini berlaku untuk penjualan di negara di luar Amerika.

Dilansir dari laman BGR, Rabu (19/12/2018), hal yang rumit adalah bahwa pasar yang dulu menjanjikan di luar negeri belum tentu menyediakan bantalan dari penurunan penjualan di tempat lain. Jadi, sementara penjualan iPhone di tempat-tempat seperti China tetap agak kuat, hal yang sama tidak berlaku di India.

Memiliki populasi hampir 1,3 miliar orang, Apple telah lama mengincar pasar India. Sayangnya, laporan baru dari The Wall Street Journal menyatakan bahwa strategi penjualan iPhone di negara ini kurang menjanjikan.

Untuk spesifiknya, Journal menyatakan bahwa pendapatan berbasis iPhone di negara tersebut adalah sekitar setengah dari apa yang awalnya diantisipasi Apple. Bahkan buruknya lagi bahwa lini produk Apple sekarang terdiri dari perangkat premium kelas atas dengan jumlah terbatas dari model berbiaya rendah sekarang bahwa SE iPhone telah dihentikan.

 

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Penjualan Ponsel Menurun, Ini Alasannya

"Inti dari masalah ini adalah keengganan Apple untuk mengubah model bisnis tradisionalnya untuk menjual iPhone. Daripada membuat berbagai handset, ia memprioritaskan sejumlah produk yang diincar, dijual dengan harga tinggi - strategi yang menghidupkan kembali perusahaan setelah hampir bangkrut pada tahun 1997 dan membantu menjadikannya perusahaan publik AS pertama yang mencapai valuasi USD1 triliun," tulis Wall Street Journal.

Kurangnya opsi berbiaya rendah di jajaran iPhone 2018 menunjukkan bahwa Apple secara sengaja atau naif mengabaikan fakta bahwa sebagian besar ponsel cerdas yang tersedia di India memiliki harga yang relatif rendah.

Ini juga menunjukkan bahwa Apple sama sekali tidak menyadari bahwa matriks harga saat ini untuk model iPhone jauh lebih tinggi daripada kemampuan membeli (rata-rata) warga India.

 

Baca juga: Ponsel Lipat Samsung Diperkuat Baterai Kapasitas 6.000 mAh?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini