Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toko Ponsel Sepi Pembeli, Karyawan: Sekarang Ramai Sama Pegawai-pegawainya Saja

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 19 57 1993351 toko-ponsel-sepi-pembeli-karyawan-sekarang-ramai-sama-pegawai-pegawainya-saja-UwbgkuzH9Q.jpg (Foto: Cut Annisa Embun Sari/Okezone)

JAKARTA – Memasuki akhir tahun, penjualan ponsel di toko offline atau gerai ponsel terlihat menurun. Itu terbukti ketika aktivitas jual beli ponsel di pusat perbelanjaan Mal Ambassador dan ITC Kuningan Jakarta tak lagi kebanjiran pembeli.

Menurut penelurusan Okezone, Selasa (18/12/2018), beberapa toko ponsel tersebut bukannya ramai akan calon pembeli malah ramai akan pegawai toko. Hal itu dibenarkan oleh salah satu pegawai toko di Mal Ambassador, Jakarta.

“Semakin akhir tahun semakin sepi. Padahal tahun kemarin masih ramai. Ya sekarang ramai sama pegawai-pegawainya saja, paling ada beberapa orang yang cuma lihat dan nanya, tapi tidak beli,” ujar Dian pegawai toko Gadget Store, Mal Ambassador, Jakarta.

Nia pegawai toko Vikensha Cell ikut merasakan hal yang sama. “Tahun ini penjualannya turun, makanya tidak nambah stok, ini aja stoknya belum habis-habis. Tidak tahu deh kenapa, mungkin karena banyak yang beli lewat online ya,” ujarnya.

Karena sepi pengunjung, bahkan ada beberapa toko yang tidak didatangi pelanggan satu pun selama tiga hari berturut-turut.

 

Kejadian ini menjadi pertanyaan mengapa penjualan ponsel offline menurun padahal harga ponsel relatif stabil. Hadirnya beragam e-commerce menjadi salah satu penyebabnya.

Terlebih, banyak situs berani memberikan promo sangat menarik untuk pembelian gadget. Itu semua dikemas dalam flash sale, voucher, kuis maupun cashback yang bernilai besar.

Baca juga: Ini 3 Produsen Ponsel yang Bakal Rilis Ponsel 5G

"Saat ini konsumen sudah beralih membeli handphone via online, apalagi kemarin baru Harbolnas. Mungkin itu salah satunya," ujar Halim pemilik toko Maju Cell, ITC Kuningan Jakarta.

Menurutnya produk yang dijual secara online bisa lebih murah karena tidak membutuhkan biaya sewa toko, listrik dan upah pegawai.

Meskipun begitu, beberapa pemilik toko offline tetap optimis konsumen masih akan membeli ponsel di toko. Selain karena ingin membeli secara langsung, konsumen masih banyak yang takut terkena penipuan online.

 

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Penjualan Ponsel Menurun, Ini Alasannya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini