Facebook Tindak Ratusan Akun Ujaran Kebencian Etnis Rohingya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 13:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 20 207 1993869 facebook-tindak-ratusan-akun-ujaran-kebencian-etnis-rohingya-eNPRqESojV.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook menemukan dan menghapus kampanye kebencian yang dilakukan oleh militer Myanmar. Raksasa jejaring sosial ini mendeteksi berita palsu yang disebar dan pesan penghinaan tentang orang-orang Rohingya.

Rohingya seperti diketahui merupakan etnis minoritas Muslim yang ada di Myanmar. Dilansir Recode, Kamis (20/12/2018), dalam sebuah blog yang dipublikasikan Selasa malam, Facebook mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 425 Pages dan 150 akun Facebook dan Instagram yang berkaitan dengan militer Myanmar.

Setidaknya, 2,5 juta orang mengikuti salah satu dari Facebook Pages itu. Pages tersebut, yang tampak sebagai berita, hiburan, kecantikan dan gaya hidup, sesungguhnya dipakai untuk mengarahkan pesan anti-Rohingya.

Ini adalah ketiga kalinya sejak Agustus bahwa Facebook telah menghapus Pages dan akun yang terkait dengan militer Myanmar. Pages baru ini adalah bagian dari jaringan akun yang sama yang dihapus Facebook di masa lalu.

 

Baca juga: 10 Konten Hoaks Paling Berdampak di 2018

Facebook dapat menautkan akun-akun ini ke militer Myanmar dengan berbagai cara. Dalam beberapa kasus, personil militer terdaftar sebagai administrator di Pages tersebut.

Tindakan Facebook mungkin sudah terlambat untuk memperbaiki masalah Myanmar. Pemerintah dan militer dari negara yang sebagian besar beragama Buddha itu telah bekerja untuk menghilangkan minoritas Rohingya di negara itu. Lebih dari 725.000 Rohingya, dari populasi yang diperkirakan berjumlah lebih dari satu juta telah melarikan diri ke Bangladesh untuk menghindari genosida etnis di Myanmar sejak akhir 2017, menurut laporan terbaru dari Human Rights Council.

 

Baca juga: Jumlah Pemain Game PUBG Setara dengan Fortnite

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini