Mirip Tik Tok, Snapchat Hadir dengan Lens Challenges

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 17:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 20 207 1993991 mirip-tik-tok-snapchat-hadir-dengan-lens-challenges-9mn18pCdcE.jpg (Foto: Reuters/Dado Ruvic/Illustration)

JAKARTA - Snapchat belakangan ini tak menunjukan performanya. Diberitakan jika aplikasi ini mulai ditinggalkan pengguna.

Bahkan beberapa platform yang menerapkan fitur Snapchat yakni storie mulai populer seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook.

Dilansir dari laman Tech Times, Kamis (20/12/2018), untuk menarik pengguna Snapchat mulai memperkenalkan fitur baru yang disebut Challenges Lens. Pengguna dapat bergabung dengan tantangan ini dengan mengunggah Snap dengan Lens yang bertema lagu, tarian, liburan, acara tertentu, dan banyak lagi.

Lengkapnya, salah satu tantangan pertama adalah berpusat di sekitar versi Gwen Stefani tentang "Jingle Bells," yang dapat digunakan pengguna untuk bernyanyi bersama dan berbagi.

Tantangan Lensa lainnya dapat diakses di bagian Lens Explorer, banyak di antaranya adalah lagu yang dapat direkam oleh pengguna untuk disinkronisasikan.

Snapchat merancang tantangan Gwen Stefani itu sendiri, meskipun yang lain akan dibuat oleh anggota komunitas. Selain itu Lensa lip-synch adalah yang baru. Nantinya, pengguna diminta untuk mengambil dua foto satu di mana mereka ada, dan satu di mana mereka tidak ada sehingga membuat subjek tampak menghilang.

Tidak perlu genius untuk menyadari bahwa Tantangan Lensa Gwen Stefani yang dijelaskan di atas sangat mirip dengan layanan populer lainnya, TikTok. Dalam aplikasi itu, pengguna dapat memilih lagu lalu menari.

Tantangan juga merupakan bagian utama dari TikTok, dan mereka telah berperan dalam kesuksesan besar aplikasi ini dalam beberapa bulan terakhir, terutama sejak membeli aplikasi musikal yang sangat populer. TikTok melampaui Facebook, Instagram, Snapchat, dan YouTube dalam unduhan baru bulan lalu.

 

Baca juga: 5 Fenomena Media Sosial Paling Heboh di 2018

Seperti yang dilaporkan TechCrunch, Snapchat berharap bahwa dengan menghadirkan Lens Challenges, para pembuat konten dapat membuat tantangan mereka sendiri dan melibatkan lebih banyak pengguna.

Jika ini terjadi, layanan ini akan menghasilkan pertumbuhan dan keterlibatan pengguna, sesuatu yang sangat dibutuhkan.

Snapchat telah berjuang tahun lalu, yang ditandai dengan sejumlah kesalahan, termasuk upaya desain ulang yang memolarisasi pengguna dan penurunan keterlibatan pengguna dan pendapatan per pengguna, di antara sejumlah hal lainnya.

Pada kuartal ketiga 2018, Snapchat kehilangan 2 juta pengguna, meskipun basis penggunanya masih naik dari tahun ke tahun.

 

Baca juga: Bawa Triple Camera Leica, Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro Rilis di Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini