Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LG dan Samsung Tingkatkan Kemampuan Asisten Suara AI

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 20 207 1994087 lg-dan-samsung-tingkatkan-kemampuan-asisten-suara-ai-r5Z3RIHC4O.jpg (Foto: ZDNet)

JAKARTA - Samsung dan LG meningkatkan asisten kecerdasan buatan (AI) untuk perangkat rumah tangga. Perangkat rumah tangga ini seperti lemari es, mesin cuci, pembersih udara dan peralatan lainnya.

Dilansir dari Korea Time, Kamis (20/12/2018), sejak Samsung dan LG meluncurkan asisten AI mereka, Bixby (Samsung) dan ThinQ (LG) pada 2017, perusahaan telah menghabiskan ratusan miliar won untuk memperkuat platform AI mereka untuk menarik semakin banyak konsumen di rumah dan di luar negeri, yang merangkul peralatan rumah tangga pintar atau smart home.

Bahkan, belum lama ini LG mengungkapkan jika pihaknya akan memperkenalkan peralatan rumah yang dilengkapi dengan asisten AI ThinQ baru di Consumer Electronics Show (CES) yang diadakan di Las Vegas dari 8-11 Januari.

LG menjelaskan versi baru ThinQ akan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cerdas kepada pelanggannya. Sementara versi sebelumnya memainkan peran untuk melakukan fungsi yang diperintahkan oleh pengguna. Versi baru telah menjadi lebih aktif karena produk yang dilengkapi dengan ThinQ baru memberitahu penggunanya ketika mengganti komponen seperti filter dalam pembersih udara untuk membantu menjaga kualitas terbaik.

Terlebih konsumen yang tidak ingin mempelajari secara manual tentang fitur-fitur baru peralatan rumah LG, ThinQ baru juga akan menginstruksikan pengguna bagaimana mengoperasikan peralatan rumah tangga dengan suara atau pesan teks. Bahkan, ketika masalah terjadi, asisten suara akan memberi tahu bagaimana cara memperbaiki masalah melalui pesan teks atau suara.

"Kami akan terus mengembangkan platform ThinQ untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan kami," kata Chief Technology Officer LG, Park Il Pyung,

Lebih lanjut, Wakil Presiden Strategi Samsung Electronics, Yi Ji Soo berbicara tentang asisten Bixby dengan AI milik perusahaan selama konferensi Bixby pada 20 November. Samsung mencoba untuk memungkinkan lebih banyak pengguna mengalami versi terbaru asisten suara Bixby-nya.

 

Baca juga: 5 Fenomena Media Sosial Paling Heboh di 2018

Meskipun perusahaan ini meluncurkan asisten Bixby baru pada Agustus, itu hanya tersedia khusus untuk smartphone premium Galaxy Note 9. Namun, Bixby versi terbaru itu akan memperluas cakupan sistem terbaru ke ponsel Galaxy yang dirilis sebelum Note 9.

Untuk pasar global, pembaruan akan dimulai pada akhir Desember dan konsumen lokal diharapkan memiliki versi baru mulai Januari 2019.

Untuk menarik lebih banyak pengguna di dunia, Samsung mengatakan akan lebih banyak memperluas bahasa, antara lain Jerman, Prancis, Spanyol dan Italia akan tersedia di Bixby baru. Bahkan, untuk pengguna Galaxy Note 9, Samsung baru-baru ini meluncurkan uji coba bahasa-bahasa tersebut.

Samsung mengatakan Bixby baru yang lebih baik memahami konteks apa yang pengguna bicarakan dan menjadi lebih interaktif karena merekomendasikan hal-hal berdasarkan preferensi individu pengguna.

Perusahaan berencana untuk membuat ekosistem berbasis di sekitar Bixby. Untuk itu, Samsung meluncurkan perangkat lunak Bixby Developer Studio untuk pengembang pihak ketiga pada bulan November.

 

Baca juga: 4 Tips Sebelum Anda Membeli Ponsel Bekas

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini