Astronot Mendarat ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 20 56 1994085 astronot-mendarat-ke-bumi-dari-stasiun-luar-angkasa-uJmcd5KB56.jpg (Foto: Reuters/Shamil Zhumatov)

JAKARTA - Tiga anggota dari International Space Station (ISS) kembali mendarat ke Bumi pada Kamis. Astronot ini tiba di Kazakhstan menggunakan pesawat luar angkasa Russian Soyuz, menurut laporan NASA.

Dilansir Reuters, Kamis (20/12/2018), ini merupakan pertama kalinya pendaratan kembali dari stasiun luar angkasa sejak Oktober, ketika astronot Amerika Serikat (AS), Nick Hague dan kosmonot Rusia Alexey Ovchinin mendarat tanpa terluka di padang rumput Kazakhstan. Pendaratan itu lantaran roket yang menuju stasiun gagal dua menit setelah lepas landas.

Astronot NASA, Serena Aunon-Chancellor mendarat bersama rekan sejawatnya dari Jerman, Alexander Gerst dari European Space Agency (ESA) dan kosmonot Rusia, Sergey Prokopyev pada pukul 12:02 waktu setempat.

Aunon-Chancellor telah berada di luar angkasa selama 197 hari dan berkontribusi terhadap ratusan percobaan ilmiah di atas stasiun luar angkasa yang mengorbit.

 

Baca juga: 4 Tips Sebelum Anda Membeli Ponsel Bekas

NASA telah mengandalkan roket Rusia untuk mengangkut astronot ke stasiun luar angkasa sejak Amerika Serikat pensiun program Space Shuttle-nya pada 2011. Kendati demikian, badan antariksa itu telah mengumumkan rencana untuk menguji penerbangan yang membawa dua astronot pada roket komersial yang dibuat oleh Boeing dan SpaceX April mendatang.

Para kru dilaporkan dalam kondisi baik dan Aunon-Chancellor diperkirakan akan pulang ke Houston setelah pemeriksaan medis, kata NASA.

 

Baca juga: 5 Ponsel Terbaru Harga Rp1 Jutaan di 2018

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini