Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Sebelum Anda Membeli Ponsel Bekas

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 18:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 20 92 1994000 4-tips-sebelum-anda-membeli-ponsel-bekas-9yG83Lsbeo.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ponsel memiliki spesifikasi yang menjadi daya tarik bagi pembeli. Meskipun ponsel telah dirilis tahun lalu, namun bila spesifikasi dan harga sesuai dengan keinginan pengguna, maka ia bisa mencari ponsel second tersebut.

Tentu membeli ponsel second atau ponsel bekas perlu kehati-hatian karena barang ini telah dipakai oleh pemilik pertama. Bila pengguna tidak teliti, mungkin perangkat akan memiliki banyak kekurangan dan masa pakai yang tidak bertahan lama.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips sebelum pengguna memutuskan membeli ponsel bekas.

Perhatikan Garansi

Tidak hanya ponsel baru yang memiliki garansi, ponsel bekas juga ada yang masih memiliki garansi. Hal ini mungkin apabila pemilik pertama menjual ponsel setelah ia memakainya beberapa bulan.

Dengan garansi tersebut, setidaknya pengguna tidak terlalu merasa khawatir apabila terjadi kerusakan pada perangkat. Ponsel bekas yang masih bergaransi mungkin lebih mahal ketimbang ponsel yang habis masa garansinya, tetapi hal ini bisa meyakinkan Anda terkait kualitas barang yang akan Anda beli.

Baca juga: 5 Fenomena Media Sosial Paling Heboh di 2018

Cek Fisik

Memeriksa fisik ponsel menjadi keharusan ketika hendak membeli ponsel bekas. Hal ini guna mengetahui apakah terdapat kecacatan atau lecet pada bodi ponsel. Memeriksa fisik juga diperlukan untuk membuktikan bila keterangan dalam deskripsi perangkat adalah benar dalam kondisi baik dan lebih meyakinkan Anda untuk membeli ponsel bekas tersebut.

 

Cek Kelengkapan dan Fungsi pada Ponsel

Sebelum memutuskan membeli ponsel bekas, tentu pengguna perlu memeriksa kelengkapan apa saja yang disediakan oleh penjual. Pastikan kelengkapan atau aksesori ponsel telah tersedia dan berfungsi dengan baik seperti charger serta kabel data. Pengguna juga perlu memeriksa keadaan ponsel ketika dihidupkan, periksa speaker, layar, jack audio dan sebagainya.

Baca juga: 5 Ponsel Terbaru Harga Rp1 Jutaan di 2018

Cek Harga

Calon pembeli ponsel bekas harus mengetahui berapa harga pasaran untuk ponsel yang ia incar. Dengan mengetahui perkiraan rata-rata harga pasar, maka calon pembeli bisa melakukan tawar-menawar harga bila penjual menetapkan harga yang terlalu tinggi. Mengetahui harga pasar juga dapat mencegah Anda dimanfaatkan atau ditipu oleh penjual terkait harga ponsel bekas.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini