Kawah Es Menakjubkan Ditemukan di Mars, Ini Fotonya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 21 56 1994492 kawah-es-menakjubkan-ditemukan-di-mars-ini-fotonya-gBLJHg0vmQ.jpg (Foto: Slashgear/ESA)

JAKARTA - Badan Antariksa Eropa (ESA) telah merayakan ulang tahun ke 15 dengan melakukan misi Mars Express memasuki orbit. Menariknya dari misi tersebut, ESA mampu menangkap gambar pemandangan kawah Korolev yang dipenuhi es.

Gambar tersebut ditangkap oleh kamera Stereo Resolusi Tinggi Mars Expess. Menurut badan antariksa, gambar tersebut terdiri dari lima strip yang digabungkan menjadi satu foto terpadu.

Kawah Korolev berukuran hampir 52 mil dan dapat ditemukan di dataran rendah utara Mars. ESA menyebut ini kawah yang sangat terawat, yang terlihat seperti dipenuhi dengan salju tetapi sebenarnya penuh dengan es. Es mengukur sedikit lebih dari 1 mil tebal sepanjang tahun Mars, membuatnya seperti gelanggang es sepanjang tahun.

Kehadiran es konstan disebabkan oleh perangkap dingin, sebuah fenomena di mana suhu dingin terperangkap karena kedalaman lantai kawah yang terletak jauh di bawah peleknya. Di bagian terdalam kawah, udara bergerak di atas es, di mana ia mendingin dan berakhir terperangkap di sana.

 

Peneliti ESA menyebutnya perisai yang membantu melindungi es tebal dari pemanasan dan penguapan. Misi Mars Express yang menangkap gambar itu diluncurkan kembali pada musim panas 2003, akhirnya memasuki orbitnya pada Natal enam bulan kemudian. Itu membuat bulan ini peringatan penyisipan orbit 15 tahun.

Baca juga: WhatsApp Dikritik Gara-Gara Konten Pornografi Anak di Bawah Umur

Mars adalah tujuan besar berikutnya untuk eksplorasi manusia dan agensi ruang angkasa di seluruh dunia yang menjadikannya sebagai sasaran. NASA memiliki tiga penjelajah yang ditempatkan di Planet Merah, meskipun peluang tetap tidak berfungsi saat ini.

Selain itu, NASA menangkap citra udara sendiri dari lanskap Mars menggunakan pesawat ruang angkasa Mars Reconnaissance Orbiter.

Baca juga: Astronot Mendarat ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini