Robot NASA InSight Mencari Gempa di Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 18:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 21 56 1994569 robot-nasa-insight-mencari-gempa-di-mars-0cdutdyv5Q.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA InSight telah menempatkan seismometer di Mars pada 19 Desember 2018. Robot tersebut tengah mencari atau berburu gempa yang terdapat di planet merah.

Dilansir Geek, NASA InSight mengandalkan instrumen pertama miliknya ke permukaan Mars. Gambar yang terungkap menunjukkan seismometer berwarna tembaga, samar-samar diterangi oleh senja Mars.

Ini juga menandai pertama kalinya instrumen sains diletakkan di bagian luar planet lain. "Jadwal kegiatan InSight di Mars telah berjalan lebih baik dari yang kami harapkan,” kata manajer proyek, Tom Hoffman dalam sebuah pernyataan.

 

Baca juga: eSports SEA Games 2019 Pertandingkan Mobile Legends hingga Tekken 7

Insinyur mulai mempersiapkan penyebaran seismometer yang juga dikenal sebagai Seismic Experiment for Interior Structure atau SEIS dan mengirim perintah ke pesawat ruang angkasa.

Pada Rabu, perangkat dengan perlahan ditempatkan ke tanah langsung di depan robot itu dengan jarak sekira 5 meter.

"Seismometer adalah instrumen prioritas tertinggi pada InSight. Kami membutuhkannya untuk menyelesaikan sekitar tiga perempat dari tujuan sains kami," kata peneliti.

 

Baca juga: Detik-Detik Menegangkan Pendaratan Robot NASA InSight di Mars

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini