Perusahaan China Beri Sanksi Karyawan yang Beli iPhone, Ada Apa?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 14:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 26 57 1996132 perusahaan-china-beri-sanksi-karyawan-yang-beli-iphone-ada-apa-r9kwlZC0c5.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Setelah penangkapan CFO dari raksasa telekomunikasi Huawei, perusahaan China tampaknya mengambil sikap tegas dengan melarang karyawannya membeli iPhone.

Dilansir Qz, Rabu (26/12/2018), penangkapan CFO, Meng Wanzhou pada 1 Desember atas permintaan AS terkait dugaan pelanggaran sanksi terhadap Iran. Beberapa perusahaan mengumumkan mereka akan lebih memilih perangkat Huawei daripada pesaing Apple.

Huawei, selain sebagai penyedia peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, menyalip perusahaan AS dalam penjualan smartphone pada Agustus.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Zhejiang tampaknya melakukan langkah lebih jauh, menurut laporan dari koran lokal, Qianjiang Evening News. Koran tersebut mengungkap pemberitahuan internal berjudul "Pengumuman tentang menentang Apple dan mendukung Huawei".

Lebih detail informasi menyebutkan terkait sanksi kepada karyawan yang membeli produk Apple, iPhone. Perusahaan mengatakan staf yang membeli produk Apple akan kehilangan peluang promosi dan subsidi perusahaan.

Perusahaan mengatakan akan mengganti (reimburse) staf manajerial yang membeli telefon Huawei 50 persen dari harga stiker produk dan akan membayar 20 persen dari harga ponsel untuk karyawan lain.

 

Baca juga: NASA Dekati Objek Observasi Luar Angkasa Paling Jauh

Perusahaan juga akan memberi mereka yang setuju untuk melepaskan 25 persen penggantian ponsel Apple yang ada untuk membeli ponsel Huawei.

Surat kabar itu tidak mengungkapkan nama perusahaan, tetapi mengatakan bahwa perusahaan tersebut mengonfirmasi telah mengeluarkan pemberitahuan seminggu setelah penangkapan.

Apple tidak segera menanggapi pertanyaan tentang tindakan yang diambil perusahaan untuk mencegah pembelian iPhone.

 

Baca juga: Tsunami Terjadi Akibat Longsor Anak Krakatau, Ini Penjelasannya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini