iPhone XR Jadi Ponsel Apple Terlaris di AS

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 27 57 1996504 iphone-xr-jadi-ponsel-apple-terlaris-di-as-uBckRaaEJN.jpg iPhone XR (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Menurut Consumer Research Intelligence Partners (CIRP) iPhone XR telah menjadi ponsel milik Apple yang terlaris di Amerika Serikat (AS). Hal tersebut sebelumnya sudah diprediksi oleh para analisis bahwa begitu Apple meluncurkan iPhone XR pada 26 Oktober, itu akan menjadi penjualan teratas di antara model 2018 lainnya.

Dilansir dari laman Phone Arena, Kamis (27/12/2018), bulan lalu harga terendah dari iPhone baru merupakan 32% dari penjualan di Amerika. iPhone XS dan iPhone XS Max yang lebih mahal mendapatkan 35% dari total penjualan di AS.

Tahun lalu, iPhone X menyumbang 30% dari penjualan AS di bulan pertama penjualan. Kemudian, dikombinasikan dengan iPhone 8 menjadi 39% dari penjualan handset di Amerika selama periode waktu yang sama.

Pada November adalah bulan penuh pertama bahwa iPhone XR tersedia, mulai dari harga USD749 untuk model 64GB, USD799 untuk varian 128GB dan USD899 untuk versi dengan 256GB. Apple yang berusaha meningkatkan permintaan untuk handset barunya, sekarang menawarkan iPhone XR dengan harga USD449 dan iPhone XS dengan harga USD699 dengan pertukaran model iPhone yang lebih lama atau trade in.

Data juga menunjukkan bahwa di Amerika, 82% pembelian iPhone baru dilakukan oleh seseorang yang melakukan upgrade dari model iPhone lama, 16% beralih dari perangkat Android. Tahun lalu, angka-angka tersebut mengungkapkan bahwa 86% unit iPhone baru dibeli di Amerika Serikat untuk meningkatkan model yang lebih lama, dan 11% beralih dari Android.

iPhone XR

Baca Juga: 8 Perangkat Samsung yang Akan Dipamerkan di CES 2019

Data ini membuktikan bahwa lineup iPhone 2018 sedikit lebih sukses dalam membuat pengguna Android AS beralih tim. Meski demikian, penjualan iPhone XR telah mengecewakan. Faktanya, iPhone 2018 sama sekali belum menikmati permintaan konsumen yang Apple harapkan.

"Berdasarkan penjualan awal, iPhone XR mengambil bagian yang sama dari penjualan iPhone seperti model sebelumnya di bulan pertama mereka di pasar. Tentu saja, perbandingan itu sulit, karena bagaimana Apple mengurutkan peluncuran model baru dalam dua tahun terakhir.

"Tahun lalu, Apple meluncurkan iPhone 8 dan 8 Plus yang evolusioner terlebih dahulu. Tahun ini, Apple meluncurkan model yang lebih mahal sebelumnya, mungkin mencoba untuk menangkap permintaan awal dari pelanggan yang paling setia," kata Partner dan CoFounder CIRP, Josh Lowitz.

Lowitz menambahkan, "Pangsa 32% penjualan iPhone untuk model XR lebih baik dibandingkan dengan 30% saham untuk iPhone X dalam jangka waktu yang sama tahun lalu, tetapi tertinggal dari gabungan iPhone 8 dan 8 Plus selama periode itu tahun lalu, kemudian, model dengan harga yang sama menyumbang 39% unit, dan setelah mereka tersedia selama sebulan sebelum iPhone X dirilis.

Untuk informasi, data ini didapatkan dari sekira 165 pelanggan Apple yang ikut serta dalam survei.

iPhone XR

Baca Juga: Mi Play dengan Fitur Poni Bulat Dibanderol Rp2 Jutaan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini