Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah AS Bakal Larang Penggunaan Ponsel China?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 28 207 1997161 pemerintah-as-bakal-larang-penggunaan-ponsel-china-MtzSKXbrlh.jpg Ilustrasi (Foto: Ars Technica)

JAKARTA- Pemerintah Amerika tengah mempertimbangkan perintah eksekutif untuk mendeklarasikan keadaan darurat nasional yang akan menghalangi perusahaan-perusahaan AS untuk menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat oleh Huawei dan ZTE.

Dilansir dari laman Reuters, Jumat (28/12/2018) kabarnya ini akan menjadi langkah bagi Amerika agar kedua raksasa teknologi besar asal China tersebut keluar dari pasar AS.

Amerika Serikat mengatakan jika kedua perusahaan telah bekerja atas perintah pemerintah Tiongkok dan bahwa peralatan mereka dapat digunakan untuk memata-matai orang Amerika. Namun, Huawei dan ZTE membantah bahwa produk mereka digunakan untuk memata-matai.

Ilustrasi

Baca Juga: Jadi Pendatang Baru, Realme Hadirkan 4 Smartphone di 2018

Perintah eksekutif, yang telah dipertimbangkan selama lebih dari delapan bulan, diprediksi keluar pada awal Januari dan akan mengarahkan Departemen Perdagangan untuk memblokir perusahaan-perusahaan AS membeli peralatan dari pembuat telekomunikasi asing yang menimbulkan risiko keamanan nasional yang signifikan.

Pada bulan Agustus, Donald Trump menandatangani undang-undang yang melarang pemerintah AS sendiri untuk menggunakan peralatan Huawei dan ZTE. Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, "bekerja lintas pemerintahan dan dengan sekutu kami dan mitra yang sepaham untuk mengurangi risiko dalam penyebaran 5G dan infrastruktur komunikasi lainnya."

Akan tetapi menyatakan bahwa Gedung Putih tidak memiliki informasi lebih lanjut untuk diumumkan.

ZTE

 Baca Juga: Tutup Layanan, Ini yang Dilakukan Bolt untuk Pelanggan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini