China Bakal Bangun Stasiun Luar Angkasa Berawak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 30 Desember 2018 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 30 56 1997791 china-bakal-bangun-stasiun-luar-angkasa-berawak-81RQ39OFIM.jpg Ilustrasi (Foto: Space)

JAKARTA - Pemerintah China berencana untuk mengirimkan probe ke sisi terjauh bulan yang jarang diteliti. Sebuah misi Chang'e 4 ini dipandang sebagai langkah penting untuk mendorong maju program luar angkasa di China.

Dilansir dari laman Reuters, Minggu (30/12/2018) penyelidikan Chang'e 4 direncankan untuk mempersiapkan pendaratan lunak pertama di sisi jauh bulan, namun sayang belum disebutkan kapan pendaratan akan terjadi.

Bulan terkunci secara tidal ke Bumi, berputar pada kecepatan yang sama dengan yang mengorbit planet Bumi. Sehingga sisi yang jauh atau sisi gelap tidak pernah terlihat dari Bumi. Pesawat ruang angkasa sebelumnya telah melihat sisi jauh bulan, tetapi tidak ada yang mendarat di atasnya.

China meluncurkan probe Chang'e 4 awal bulan ini, yang dibawa oleh roket Long March-3B. Ini digunakan untuk menjelajahi permukaan bulan. Xinhua mengatakan bahwa penyelidikan telah memasuki orbit bulan elips pada pukul 08.55 waktu Beijing, yang membawanya pada titik terdekatnya hanya 15 kilometer jauhnya dari permukaan bulan. Chang'e 4 pertama kali memasuki orbit bulan pada 12 Desember.

Ilustrasi

Baca Juga: Google Tingkatkan Keamanan Pesan di Android dengan Fitur Anti Spam

Tugas Chang'e 4 meliputi pengamatan astronomi, mensurvei medan bulan, bentuklahan dan komposisi mineral, dan mengukur radiasi neutron dan atom netral untuk mempelajari lingkungan di sisi jauh bulan.

Langkah ini dilakukan oleh pemerinta China untuk mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Amerika Serikat untuk menjadi kekuatan luar angkasa utama pada tahun 2030.

Selain misi Change'e 4, China juga berencana untuk meluncurkan pembangunan stasiun ruang angkasa berawaknya sendiri tahun depan. Namun sayangnya masih belum ada keterangan resmi yang dilaporkan terkait hal ini.

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini