Microsoft Patenkan USB-C Magnetik untuk Tablet

Cut Annisa Embun Sari, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 31 207 1998269 microsoft-patenkan-usb-c-magnetik-untuk-tablet-WpVd7aEgnQ.jpg (Foto: Techradar)

JAKARTA - Microsoft sudah cukup kebanjiran kritik karena tidak menyertakan 'port masa depan' atau USB-C pada perangkat tablet dan laptop Surface-nya. Terkini, Microsoft akhirnya mematenkan skema charging magnetic USB-C pada perangkat Surface.

Dilansir dari laman Tech Radar, Senin (31/12/2018), Microsoft menerbitkan paten port USB-C. Paten tersebut sebelumnya telah diajukan Microsoft ke WIPO sejak 23 Maret lalu dengan judul ‘Mekanisme Latch yang Diaktifkan Secara Magnet’.

Dalam paten tersebut tertera bahwa kabel USB-C memiliki magnet di kedua sisi wadah. Ini memungkinkan pengguna menghubungkan kabel dari jarak jauh tanpa kekuatan eksternal.

Selain itu, saat colokan USB-C non-magnetik terhubung ke port, sebuah kait di dalamnya digunakan untuk menjaga kabel tetap pada tempatnya. Ketika kabel magnetic dihubungkan, sistem kait dinonaktifkan sehingga kabel dihubungkan dengan magnet saja.

 

Baca juga: Samsung Patenkan Teknologi Sepatu Pintar, Seperti Apa?

Seperti dikutip GSM Arena, dengan teknologi charging USB-C magnetik pengguna tidak perlu menggunakan tenaga ekstra untuk mencolok dan menarik kabel. Sistem ini mencegah penarikan kabel tidak disengaja.

Oleh karena ini baru sekadar paten, tidak menjadikan jaminan Microsoft akan menggunakan sistem ini pada perangkat masa depannya. Namun sistem ini akan diterima di jajaran tablet Microsoft.

 

Baca juga: Alihkan Layanan, BOLT Gandeng First Media & Smartfren

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini